Tips Menjalani Ibadah Puasa Dengan Nyaman Tanpa Gangguan Bau Mulut.


Tips Menjalani Ibadah Puasa Dengan Nyaman Tanpa Gangguan Bau Mulut.

Reporter : Novem S

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Memasuki bulan Ramadan, Anda mungkin saja mengalami berbagai masalah pada mulut. Mulai dari bibir pecah-pecah hingga bau mulut yang tidak sedap.
Pasalnya, tak makan dan minum selama berjam-jam bisa menyebabkan kondisi yang disebut halitosis.

Maka, Anda membutuhkan cara yang ampuh untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini.

Untuk itu dibutuhkan saran dari expert sekitar kesehatan gigi dan rongga mulut. Adalah drg, Dwi Wahyu Indrawati M.Kes Sp.Perio yang sehari harinya praktek di klinik “ health care “ jalan imam bonjol nomer 51 geluran, taman sidoarjo.

Dokter gigi yang modis ini mengatakan bau mulut bisa berasal dari dalam maupun luar mulut. Penyebab paling umum bau mulut adalah karena adanya bakteri di area gigi juga lidah.
Maka itu, penting untuk merawat kesehatan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi secara benar, minimal dua kali sehari secara rutin guna menghindari penumpukan plak/biofilm di rongga mulut.

Biasanya di pagi hari sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur.Namun di bulan suci Ramadhan ini disesuaikan waktunya. Sesudah sahur dan sesudah berbuka puasa tiba.

 

Namun, sikat gigi saja tidak dapat menjangkau dan membersihkan seluruh bagian rongga mulut, dan hanya mampu membersihkan sekitar 30%-53% plak pada gigi, sehingga kuman yang ada di dalam mulut tidak tersentuh semua.

Selain menyikat gigi, flossing juga merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian perawatan mulut. Tetapi, flossing merupakan metode mekanik yang hanya dapat menjangkau permukaan gigi yang dapat terlihat.

Dengan menambahkan tahapan berkumur (rinsing) pada rangkaian perawatan mulut, dapat membantu melawan dan melenyapkan sisa-sisa bakteri yang bersarang di mulut, terutama gigi dan gusi.

Dalam memilih obat kumur, saran dari drg, Dwi Wahyu Indrawati M.Kes Sp.Perioe kita harus memperhatikan beberapa hal seperti halnya jika di mulut terdapat luka maka disarankan pakai obat kumur dengan mengandung iodine.

drg.Dwi Wahyu Indrawati M.kes. Sp.Perio

Sedangkan untuk pemakaian sehari hari disarankan memilih obat kumur yang tidak menimbulkan noda pada gigi, tidak merusak indra perasa, aman digunakan dalam jangka panjang, praktis, tuntas membunuh kuman di dalam plak sehingga menjaga kesehatan gigi gusi dan rongga mulut.

Begitulah berbagai tips menjalani ibadah puasa dengan nyaman tanpa gangguan bau mulut.(Suh)

Berita Terkait

Top