Covid 19 Varian Omicron Bikin 2300 Jemaah Haji di Sidoarjo Dag Dig Dug ke Tanah Suci.


Covid 19 Varian Omicron Bikin 2300 Jemaah Haji di Sidoarjo Dag Dig Dug ke Tanah Suci.

Reporter : Novem S

 

Redaksi Jatim, SIDOARJO,- Tak kurang dari 2300 jemaah haji Sidoarjo menunggu keberangkatannya ke tanah suci, seiring dengan isu melonjaknya angka kasus varian Covid-19 Omicron, di Arab Saudi.

Dari jumlah 2300 jemaah itu, merupakan calon jemaah haji (CJH) Sidoarjo terdaftar, dan dijadwalkan berangkat 2020 lalu . Tapi, karena kasus pandemi belum usai, pihak Kementrian Agama (Kemanag) Sidoarjo menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari Kemenang RI terkait keberangkatan CJH Sidoarjo.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Sidoarjo, H.Rohmat Nasrudin mengatakan, para CJH 2020 itu sudah menyelesaikan syarat administrasinya. Mereka dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci Juni 2022.

“Setelah tertunda karena pandemi varian Covid-19 Delta, 2021, kini mereka juga harus kembali menunggu jadwal pasti keberangkatannya setelah adanya pandemi Omicron,” kata Nasrudin Senin (3/1/2022).

Nasrudin mengungkapkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenag RI terkait kebijakan rencana jadwal keberangkatan CJH di tahun 2022 ini. Selain itu, juga disampaikan perkembangan terakhir lewat info jadwal keberangkatan melalui, kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), dan juga melalui Puskesmas group jemaah haji yang ada di wilayah masing masing.

 

“Di sini, kami juga masih akan menunggu kebijakan pemerintah Saudi. Kami tidak bisa menyelenggarakan keberangkatan jika kondisinya tak memungkinkan,” ujarnya.

“Disamping itu , kami terus melakukan update persyaratan administrasi mereka. Seperti dicek kesehatan meningitis yang berlaku dua tahun. Jika mereka bisa bisa berangkat 2022, tidak perlu cek lagi. Tapi, jika jadwal berangkatnya tertunda harus melakukan cek ulang,” sambungnya.

Nasrudin juga berpesan agar para CJH Sidoarjo dapat terus menjaga kesehatanya. Mempersiapkan diri dengan baik, sembari menunggu jadwal keberangkatan sesuai kebijakan yang nanti dikeluarkan pemerintah pusat.

“Kami harapkan semua peserta CJH Sidoarjo selalu menjaga kesehatannya, dan juga bersabar menunggu jadwal keberangkatan seusai kebijakan pemerintah,” pungkasnya.(vem/qq).

Berita Terkait

Top