Desa Pabean Sedati Galakkan Tanaman Holtikultura Dengan Menanam 500 Bibit Pohon Jeruk Siem Madu di Atas Lahan Seluas Dua Hektar.


Desa Pabean Sedati Galakkan Tanaman Holtikultura Dengan Menanam 500 Bibit Pohon Jeruk Siem Madu di Atas Lahan Seluas Dua Hektar.

Reporter : Novem S

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Dalam rangka mengoptimalkan lahan pertanian yang sudah mulai berkurang Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH. Mensiasati dengan menanam tanaman Hortikultura di desa tempat tinggalnya.

Desa Pabean Kecamatan Sedati ini Sabtu, (12/2). Wabup Subandi menanam tanaman Jeruk Siem Madu sebanya 500 bibit pohon ditanam di desa yang lokasinya dekat dengan Airport Bandara Juanda itu.

Sebanyak 500 bibit itu merupakan bantuan yang diperoleh dari Kementerian Pertanian lewat anggota DPRD Komisi C, Nur Hendriyatiningsih dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidoarjo.

Subandi berharap produktivitas pertanian di Sidoarjo mengalami peningkatan. Baik dari segi hasil panen maupun pengelolaan pasca panennya.

Untuk itu,”Kami ingin memastikan sektor pertanian di Sidoarjo berjalan secara optimal. Sektor pertanian bisa menambah pendapatan bagi warga setempat, ujarnya.

Salah satu yang menjadi perhatian Subandi adalah keberlangsungan proses pembibitan. Wabup Subandi memantau langsung penanaman bibit sebanyak 500 pohon jeruk Siem madu di lahan 2 hektar Tanah Kas Desa (TKD) Desa Pabean.

Sementara itu Di tempat yang sama, anggota komisi C DPRD Kabupaten Sidoarjo yang sekaligus menjabat Ketua DPD Partai NasDem Sidoarjo, Hj. Nur Hendriyati Ningsih menyampaikan pembagian bibit jeruk siem madu ini adalah bantuan dari Kementrian Pertanian yang diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. Setiap kecamatan yang memiliki Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dan berlegalitas dari Kementan, setiap desanya mendapatkan bantuan 500 pohon bibit jeruk.

Hj.Nur Hendriyatiningsih Ketua Nasdem Sidoarjo

“Selain memberikan bantuan bibit, Kementrian Pertanian juga memberikan bantuan pupuk kepada para Gapoktan seluruh Jawa Timur yang di salurkan melalui DPD Partai NasDem dan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Setempat. Mengingat kebetulan Mentan berasal dari partai NasDem,” urainya.

Dengan adanya bantuan bibit jeruk siem madu, Nur Hendriyati Ningsih berharap di Kabupaten Sidoarjo ini ada inovasi baru dalam pemanfaatan lahan pertanian, yakni dengan cara menanam berbagai jenis tanaman Hortikultura yang bisa bermanfaat bagi para petani selain menanam padi. Sehingga dapat meningkatkan penghasilan para petani.

Kepala Desa Pabean Sriatun mengatakan pembibitan Jeruk Siem Madu menjadi salah satu bagian penting yang akan dikelola oleh desa. “Karena tanpa adanya bibit yang baik akan sulit untuk menghasilkan tanaman dengan hasil panen yang baik,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan dari Kementerian Pertamina itu, Sriatun harap produk buah lokal yang berkualitas semakin mudah didapatkan, terutama Jeruk Siem Madu yang saat ini dibudidayakan di Desa Pabean.

Peran Pemkab Sidoarjo dalam membantu pemasaran saat musim panen diharapkan Sriatun.

“Saar panen harapannya kita bisa difasilitasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo. Membantu mamasarkannya, baik online maupun offline,” harapnya.

Program tanam bibit pohon Jeruk Siem Madu ini melibatkan Karang Taruna, PKK Desa dan Gapoktan Desa Pabean. (vem/qq)

Berita Terkait

Top