Fortasi Gemilang Smamda Ditutup Dengan Penampilan Ekstrakulikuler Sarat Penghargaan


Fortasi Gemilang Smamda Ditutup Dengan Penampilan Ekstrakulikuler Sarat Penghargaan

Reporter : N. Suhendra



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Hari terakhir masa orientasi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda) tekankan nilai kebudayaan dan visi sekolah dalam Forum Taaruf dan Orientasi Siswa (Fortasi) Gemilang tahun 2023 yang diikuti seluruh peserta didik baru.

Fortasi yang digelar tiap tahun ajaran baru yang dibimbing oleh guru, kakak kelas dan kepala sekolah secara langsung itu menekankan nilai budaya dan visi misi sekolah yang unggul dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Kepala Smamda Sidoarjo M. Zainul Arifin, S.Kom., M.M. mengatakan, setiap kegiatan siswa diharuskan memunculkan nilai keunggulan dan nilai keislaman sesuai dengan spirit Muhammadiyah.

“Selain sesuai dengan karakter Muhammadiyah, tidak luput dari itu dengan program pemerintah penguatan pelajar Pancasila para siswa dikenalkan dengan program itu mulai dari berbudaya, beriman dan berinovasi serta bergotong royong,” kata Zainul disela Fortasi, Jumat (21/7).

Kepala Smamda Sidoarjo M. Zainul Arifin, S.Kom., M.M.



Zainul menegaskan, pihaknya juga telah meriset kegiatan para siswa baru selama di sekolah sebelumya untuk dapat beradaptasi seusai dengan karakter Smamda.

“Disini peserta didik baru bakal dicetak menjadi kader unggul melalui penerapan sholat sunnah dan wajib,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengatakan jika Smamda tidak ada bullying dan penindakan guru secara fisik, dalam menindak kesalahan peserta didik baru selama masa Fortasi.

Selain itu, para kakak kelas Smamda juga memamerkan hasil karya mereka dalam Fortasi tahun ini, beberapa karya ilmiah dipamerkan dalam acara tersebut. Tak hanya itu, Smamda sebagai sekolah boarding school juga memamerkan kebudayaan daerah asal siswa di luar Sidoarjo.

“Smamda sebagai boarding school juga telah menerima siswa dari luar daerah seperti Papua dan Sulawesi. Tadi juga ditampilkan tarian asal daerah mereka,” terang Zainul.

Ketua Panitia Fortasi Gemilang Farhanny Febriansyah, mengaku para siswa baru diharapkan dapat mengetahui apa itu Smamda lebih dekat. Seperti mengenalkan ekstrakurikuler dan karya-karya ilmiah serta prestasi Smamda sendiri.



“Kita menerapkan dan mengenalkan budaya sesuai karakter Smamda, mulai dari ekstra nya dan prestasi yang diraih. Kita juga mengenalkan beberapa ekstrakurikuler unggulan agar para siswa baru tertarik untuk mengikuti apa yang telah diraih kakak kelasnya,” harap Febriansyah.

Smamda sendiri berharap melalui Fortasi Gemilang yang digelar selama 5 hari sejak Senin (17/7) lalu itu dapat mengajak dan menarik minat siswa baru untuk berpartisipasi dalam memajukan Smamda melalui prestasi baik akademik maupun non akademik.(suh)

Posted in News

Berita Terkait

Top