Lagu Indonesia Raya Hantarkan Gita Bumi Shine Harmony Choir Berhasil Sabet Juara I World Choir Games 2023 di Korea Selatan


Lagu Indonesia Raya Hantarkan Gita Bumi Shine Harmony Choir Berhasil Sabet Juara I World Choir Games 2023 di Korea Selatan

Reporter : N Suhendra

“Gita Bumi Shine Harmony Choir’


Redaksi Jatim, Korea Selatan – Wujud kolaborasi kelompok paduan suara Gita Bumi Voices dan Shine Harmony Choir, yang menjadi ‘Gita Bumi Shine Harmony Choir’ membuahkan hasil yang sangat membanggakan.  Bagaimana tidak, mereka berhasil mengharumkan Indonesia, karena telah berhasil menyabet juara pertama lewat lagu Indonesia Raya dalam ajang World Choir Games 2023 di Gangneung, Korea Selatan.



Gita Bumi Shine Harmony Choir ‘The Champion World Choir Games, Pop Choir Category 2023’. Terdiri dari 43 personil, 19 personil dari pelajar SD, SMP, SMA Sidoarjo dan Surabaya, serta 24 personil dari pelajar DKI Jakarta.

Kompetisi yang dilaksanakan pada 11 hingga 13 Juli 2023 tersebut, Gita Bumi Shine Harmony Choir berhasil menyisihkan paduan suara dari Swedia, Slovakia, Belanda, USA, China, Afrika Selatan, Korea Selatan, Kosovo dan Thailand.

Tedy Eka Supriyandi selaku Conductor menjelaskan, bahwa World Choir Games merupakan kompetisi paduan suara terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh Intelkultur Foundation. Ikonik motonya, ‘Singing together brings nations together’ yang digambarkan dalam gelaran kompetisi dua tahunan. “Mereka yang tidak memandang negara asal, ras, maupun genre musik yang dibawakan para pesertanya,” jelas Tedy Eka Supriyandi, pada (13/7/2023) pagi.

Sementara itu, Deputi Vocal Coach, Bayu Azhairudin Widjaja juga menjelaskan kalau persiapan Gita Bumi Shine Voices World Choir Games 2023 di Gangneung Korea Selatan ini sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Setidaknya delapan bulan bagi Gita Bumi Shine Voices untuk mempersiapkan segala hal, mulai dari audisi pada September 2022, latihan, praktik, konser pra-kompetisi, hingga akhirnya terbang ke Korea Selatan pada Jumat, 7 Juli 2023.

Janeta Kirana Wobowo salah satu anggota Gita Bumi Shine Voices membaawa trofi juara



Ia juga mengatakan kalau satu bulan jelang keberangkatan ke Korea Selatan, Gita Bumi Shine Voice juga telah menggelar konser pre-kompetisi bertajuk ‘Glory of Love’ di Surabaya, Jawa Timur. “Konser ini adalah simulasi kami untuk menuju World Choir Game 2023 di Gangneung, Korea Selatan, dan Alhamduillah berhasil meraih juara pertama,” kata Bayu, konduktor Shine Harmony.

“Saya mengucapkan terima kasih, untuk semuanya yang mensuport konser kali ini. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih banyak. Harapan kedepannya mohon doanya untuk keberhasilan kami di kompetisi-kompetisi berikutinya. Semoga bisa meraih juara satu dan Indonesia Raya berkumandang di beberapa Negara,” harap Bayu Azhairudin Widjaja.



Tedy Eka selaku Konduktor Gitabumi Shine Voices untuk World Choir Game 2023 juga berharap, apa yang dilakukan grup paduan suaranya bisa menginspirasi dunia paduan suara. “Harapan saya, bisa memberikan inspirasi untuk warna baru di dunia paduan suara,” harap Tedy Eka Supriyandi.(suh)

Berita Terkait

Top