Literasi Asuransi Untuk Negeri Warnai Perayaan Hari Asuransi 2023 Di Surabaya


Literasi Asuransi Untuk Negeri Warnai Perayaan Hari Asuransi 2023 Di Surabaya

Reporter :Novem S


Redaksi Jatim, Surabaya(25 November 2023) –Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Cabang Surabaya menggelar pentas literasi serta turnamen olahraga dan seni dalam memperingati ‘Hari Asuransi Nasional’ ke 17 Tahun.

Mengusung tema ‘Literasi Asuransi untuk Negeri’ AAUI sebagai asosiasi perusahaan asuransi umum itu mengajak semua pihak turut meramaikan acara yang dimulai sejak Oktober hingga 25 November di Surabaya Town Square (SUTOS).

Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Cabang Surabaya, Adi Maryadi mengatakan literasi dan inklusi pada sektor asuransi masih perlu ditingkatkan untuk
mengimbangi level Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang lain.

“Walaupun mengalami pertumbuhan sejak dua periode, hal ini sejalan dengan tingkat penetrasi dan densitas yang masih perlu pencapaian lebih tinggi di Indonesia,” kata Maryadi dalam keterangan tertulis nya, Sabtu (25/11).

Dikatakannya, literasi pada sektor perasuransian berada pada level 31.72% sedangkan inklusi pada level 16.63%, pencapaian ini masih sangat perlu ditingkatkan untuk mengimbangi perbankan dimana literasi pada sektor ini mencapai 49.93% dan inklusi pada level 74.03%.

Hal itu menurutnya, menjadi tantangan tersendiri untuk terus meningkatkan inklusi di industri perasuransian. Sehubungan tantangan dimaksud, maka kegiatan literasi yang dilaksanakan dalam peringatan hari asuransi 2023 di Surabaya dilakukan baik secara offline dan online.

Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Cabang Surabaya, Adi Maryadi ( kiri)


Kegiatan offline berupa kegiatan literasi untuk civitas akademika Universitas Surabaya (UBAYA) melalui kegiatan Go To Campus literasi kepada pelaku usaha UMKM bekerjasama dengan PT Permodalan Nasional Madani dan seminar produk asuransi.

Adapun untuk kegiatan online dengan menggunakan media sosial resmi AAUI Surabaya, media podcast dan IG Live Talkshow.
Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Cabang Surabaya,

“Masih rendahnya tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya berasuransi memang
masih menjadi tantangan utama, menjadi tugas kami untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Perusahaan Asuransi agar Asuransi dapat memasyarakat dan dirasakan kebutuhannya dan menjadikan perlindungan bagi semua kalangan masyarakat,” terang Maryadi.



Melalui Literasi Asuransi untuk Negeri’ pihaknya berharap masyarakat Indonesia akan lebih paham dalam hal pengelolaan keuangan, yang bertujuan untuk menyejahterakan kehidupan dengan perlindungan keuangan, serta mengajarkan masyarakat untuk menjadi mandiri secara keuangan.

Ketua Panitia Hari Asuransi 2023 Surabaya, Ari Susanto menyampaikan bahwa memperkenalkan dan memasyarakatkan Hari Asuransi merupakan sebuah tantangan.

“Fokus kami melakukan kegiatan literasi dengan berbagai cara kepada masyarakat umum serta mengadakan konferensi pers untuk menggaungkan perayaan hari asuransi dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan melalui media cetak, online dan media sosial lainnya,” tutup Ari mengakhiri.(suh)

Berita Terkait

Top