MAKNAI BULAN SUCI RAMADHAN 1445 H, SMA AL MUSLIM GREBEG SAHUR ON THE ROAD


MAKNAI BULAN SUCI RAMADHAN 1445 H, SMA AL MUSLIM GREBEG SAHUR ON THE ROAD

Reporter : N. Suhendra



RedaksiJjatim.com, Sidoarjo (Sabtu, 16 Maret 2024) – Pada 10 hari pertama di bulan ramadhan 1445H, SMA Al Muslim Jawa Timur mengadakan kegiatan Sahur On The Road yang dimana para siswa yang didampingi oleh gurunya membagikan makanan sahur di sekitar Masjid Agung Sidoarjo dan Alun-alun Sidoarjo. Pelaksanaan tersebut diikuti perwakilan siswa kelas X dan kelas XI.

Sebelum pelaksanaan berbagi sahur, siswa berkumpul di sekolah untuk persiapan kegiatan tersebut. Dikarenakan kegiatan berlangsung dini hari yaitu pukul 01.30 WIB, setelah persiapan para siswa beristirahat di sekolah sampai waktu pemberangkatan menuju lokasi berbagi makanan sahur.

Tujuan diadakannya kegiatan Sahur On The Road berbagi makanan sahur yakni untuk mengajarkan siswa untuk berbagi terhadap sesama, apalagi para siswa juga akan diajak memahami indahnya berbagi di bulan suci ramadhan. Harapannya para siswa akan semakin tumbuh rasa peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Dr. Mahmudah, S.Ag., M.Pd, selaku kepala SMA Al Muslim bahwa, “untuk menumbuhkan sikap empati pada sesama harus ditanamkan sejak dini dan tetap terus ditumbuhkan, karena jika tidak sikap tersebut akan hilang dengan sendiri. Di bulan Ramadhan inilah kesempatan untuk menempa diri agar menjadi pribadi yang lebih baik”.

Sewaktu membagikan terlihat respon bahagia dari orang-orang yang menerima makanan sahur yang diberikan, salah satu siswa bernama Radhinta setelah memberikan makanan sahur selalu mengucapkan “Selamat sahur ya Ibu/Bapak/Kakak, semangat puasanya, semoga puasanya lancar” sambil tersenyum ramah, ucapan dan senyuman siswa tersebut disambut balik dengan ucapan terimakasih dan senyuman bahagia dari orang-orang yang menerima makanan sahur. Pada momen berbagi makanan sahur tersebut, siswa SMA Al Muslim tidak hanya berbagi makanan sahur tetapi juga berbagi kebahagiaan kepada orang sekitar.

Tak lupa para siswa juga melaksakan sahur di Serambi Masjid, para siswa menyantap sahurnya dengan lahap, ada tanggapan rasa senang yang diungkapkan oleh Hammam, siswa tersebut menyampaikan “kegiatan bebragi sahur menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi saya, apalagi ketika saya melihat mereka terlihat senang ketika kami berbagi”. Hammam juga menyampaikan harapannya agar kegiatan Sahur On The Road berbagi makanan sahur ini dapat lebih baik ke depannya, jika bisa kita dapat memberikan informasi dahulu sebelumnya dan berkoordinasi dengan tempat yang akan dikunjungi. Agar masyrakat tempat kita akan berbagi makanan sahur tahu dan lebih banyak yang datang.

Pelaksanaan Sahur On The Road berbagi makanan sahur tersebut berjalan dengan lancar. Selain mengajarkan makna indahnya berbagi kepada siswa yang ikut, berbagi makanan sahur yang membuat siswa terjun langsung ke lapangan diharapkan menjadi pengalaman dan kenangan yang menyenangkan perihal berbagi bersama di bulan suci ramadhan. Kegiatan diakhiri dengan membersihkan sampah sisa makanan sahur, dan mereka lanjut persiapan solat subuh di Masjid Agung Sidoarjo.(suh)

Posted in News

Berita Terkait

Top