Pasca Terjangan Angin Puting Beliung, BHS Berikan Bantuan Kepada Warga Yang Terdampak.


Pasca Terjangan Angin Puting Beliung, BHS Berikan Bantuan Kepada Warga Yang Terdampak.

Reporter : Novem S

 

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Pasca angin puting beliung menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Sidoarjo pada Minggu (23/10/2022). Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra, Bambang Haryo Sukartono (BHS). langsung turun mengecek penanganan wilayah terdampak puting beliung.

Disini BHS bertemu dengan Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo dan Syahroni selaku Ketua RT 13 yang banyak rumah warganya terkena angin puting beliung, Senin (24/10/2022) siang.

BHS bersama Tim relawan BHS peduli juga meninjau langsung kondisi ratusan rumah-rumah warga terdampak angin puting beliung di Dusun Mlaten, Sidokepung dan Entalsewu, Buduran, Sidoarjo.

Di lokasi terdampak angin puting beliung ini mulai dari relawan BHS bersama anggota TNI, Polri, Satpol PP, Tagana, relawan dan stake holder bahu membahu membantu kebutuhan warga mulai pembersihan puing-puing rumah dan pohon tumbang yang diterjang angin dan sarana prasarana kebutuhan warga.

Politikus partai Gerindra kawakan ini langsung membantu warga terdampak dengan bantuan dana taktis sebesar 100 juta rupiah yang diserahkan langsung kepada syahroni ketua RT 13 dusun Mlaten desa sidokepung buduran.

“Semoga situasi segera membaik dan saya harapkan bantuan ini segera disampaikan kepada warga yang terdampak bencana angin puting beliung.

Selain itu BHS ikut sedih akibat dampak puting beliung yang melanda warga desa sidokepung dan mengkritisi lambatnya imbauan dari perkiraan cuaca (BMKG) sehingga warga tidak bisa mengantisipasi sejak dini jika terjadi kondisi cuaca yang membahayakan akan muncul.

Dibutuhkan alat semacam early warning yang sudah diterapkan pada negara maju seperti Jepang dengan bahaya tsunaminya sehingga bisa di antisipasi sedini mungkin.

Tim BHS Peduli Gercep Berikan Bantuan Langsung

Sementara itu Ketua RT 13 Syahroni berterima kasih kepada bapak Bambang Haryo Sukartono yang memberikan bantuan ke warga RT 13 yang terdampak paling parah akibat terjangan angin puting beliung.

Sementara BPBD Kabupaten Sidoarjo mencatat ada 600 lebih rumah di empat desa rusak akibat diterjang puting beliung pada Minggu (23/10/2022) sore. Bencana tersebut turut mengakibatkan empat warga luka. Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan ratusan bangunan yang terdampak angin kencang tersebut terletak di Desa Sidokepung, Desa Entalsewu Kecamatan Buduran, Desa Tanjungsari, Kecamatan Taman, dan Desa Jati, Kecamatan Sidoarjo. “Kondisi paling parah dampak dari angin puting beliung ada di Dusun Mlaten, Sidokepung, Buduran,” pungkasnya.(Suh).

Berita Terkait

Top