Pemkab Sidoarjo Bareng KPU Sidoarjo Gelar Senam Sehat Seluruh Anggota KPPS Songsong Pemilu 2024


Pemkab Sidoarjo Bareng KPU Sidoarjo Gelar Senam Sehat Seluruh Anggota KPPS Songsong Pemilu 2024


Reporter : N. Suhendra



Sidoarjo, RedaksiJatim.com – KPU Sidoarjo bersama Pemerintah Kota (Pemkab) Sidoarjo kemudian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menggelar senam sehat bugar serempak di halaman kantor KPU Sidoarjo, Minggu (10/2/2024).

Senam bersama ini, bertujuan untuk menjaga kebugaran para petugas KPPS sebelum penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang.


Ketua KPU Sidoarjo, M. Iskak dalam kesempatannya sebelum senam sehat mengatakan
“Sesuai surat edaran, pelaksanaannya di tanggal 2 dan 9 Februari. Akan tetapi, kami berharap pelaksanaan senam bersama ini tidak hanya diikuti pada tanggal itu saja. Kami berharap mereka (KPPS dan PPS) bisa menggelar senam atau olahraga secara mandiri agar kebugaran mereka tetap terjaga,” kata Iskak.

Iskak menjelaskan, dengan senam dan olahraga bersama, maka kesehatan serta imunitas tubuh petugas KPPS dan PPS akan terjaga. Bahkan menurutnya, bisa juga terhindar dari faktor atau risiko kesehatan lainnya.

“Anggota KPPS kami batasi di usia 55 tahun, kemudian ada skrining kesehatan dan faktor risikonya, sehingga kami pun tahu faktor risiko yang dialami oleh masing-masing petugas,” jelasnya.



Sementara itu Wakil Bupati Sidoarjo, H. Subandi meminta seluruh petugas KPPS dalam menjalankan tugasnya menganut asas jurdil guna menghindari kecurangan dalam pelaksanaan pemilu nanti.

Orang nomer dua dalam jajaran pemerintahan daerah sidoarjo ini menegaskan pemkab sidoarjo siap dalam segala kebutuhan dalam pelaksanaan pemilu 2024 salah satunya di bidang kesehatan ini dengan menempatkan pos pos kesehatan di puskesmas yang tersebar di kabupaten sidoarjo dan ambulance yang di operasionalkan berkeliling dari TPS satu ke TPS lainnya.

Hal tersebut bertujuan meminimalisir adanya gangguan kesehatan yang menimpa petugas KPPS dalam menjalankan tugasnya dalam pemilu dimana tahun 2019 lalu terdapat banyak petugas KPPS gugur dalam menjalankan tugasnya.

H. Subandi – Wabup Sidoarjo dan M. Iskak – Ketua KPU Sidoarjo

“Dengan harapan untuk mencegah adanya petugas KPPS dan PPS sakit atau kelelahan pada saat penghitungan suara di Pemilu 2024 nanti,” pungkas H Subandi.(vem)

Berita Terkait

Top