Politisi Gerindra Ini Minta Pemerintah Berikan Subsidi BBM ke Nelayan.


Politisi Gerindra Ini Minta Pemerintah Berikan Subsidi BBM ke Nelayan

Reporter : Novem S

 

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Sepak terjang Politisi Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono(BHS) patut diapresiasi, pasalnya BHS meminta Pemerintah bertindak bijak dan adil terkait alokasi penyaluran serta kewajaran harga bahan bakar minyak (BBM) terhadap Nelayan.

Hal itu ia sampaikan disela kegiatan bakti sosial, pengecekan kesehatan dan kesejahteraan kelompok Nelayan Desa Tambak Cemandi, Sedati, Sidoarjo dalam rangka Hari Nelayan dan Kesehatan Dunia, Jumat (8/4/22).

Menurut Dewan Pakar Partai Gerindra yang Getol tolak kenaikan BBM ini, para nelayan di Sedati sudah mengeluhkan persoalan uang jalan yang tergerus buat membeli BBM.

Selain mahalnya harga yang dipatok, ketersediaan BBM pun juga sulit didapatkan dengan dali dibatasi oleh pemerintah.

“Pertamina perlu memastikan distribusi BBM ke kalangan Nelayan tidak terganggu. Persoalan itu sangat menentukan ketersediaan dan lancarnya distribusi pasokan pangan Indonesia. Selain itu, Pemerintah dan Pertamina harusnya memberikan subsidi BBM terhadap para nelayan dan mengembalikan lagi ketersediaan BBM premium,” tegasnya.

Bambang Haryo menyarankan, terkait keperluan BBM para nelayan, agar akses mereka untuk mendapatkan BBM harus dipermudah atau disederhanakan. Salah satunya dengan mendirikan SPBU khusus nelayan dan memberikan subsidi BBM melalui jenis premium.

“Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah Propinsi harus tegas serta mengakomodir keluhan nelayan dan kalangan wong cilik terkait naiknya harga BBM. Apalagi selain BBM kebutuhan pokok rumah tangga seperti minya goreng dan sebagainya juga naik. Ini harus segera teratasi,” tambahnya.

Ia menambahkan, keluhan para nelayan yang ia terima akan segera di koordinasikan dengan pemerintah propinsi dalam hal ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Keluhan nelayan ini sesegera mungkin akan saya sampaikan pada Gubernur Jatim. Mengingat Jawa Timur adalah lumbung pangannya Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, Abdul Rohim salah satu kelompok Nelayan Laut Biru Desa Tambak Cemandi mengatakan keluhan para nelayan dalam dua pekan terakhir ialah terkait naiknya harga BBM.

Ia juga mengatakan naiknya harga BBM ini secara otomatis menambah naiknya biaya rumah tangga. Apalagi seusai pandemi Covid-19 ekonomi kebanyakan orang masih dalam kondisi terpuruk.

“Tentu kami keberatan atas naiknya harga BBM ini. Pengeluaran kami makin bertambah. Kami berharap ada kebijkan dan solusi dari pemerintah,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan rasa terimakasih atas konsistennya perhatian Bambang Haryo Soekartono terhadap kesejahteraan dan Kesehatan para Nelayan di Sidoarjo.

“Kami ucapkan terimakasih atas kepedulian dan perhatian pak Bambang terhadap para nelayan. Semoga keluhan kami dapat didengarkan pemerintah dan ada solusi kongkrit,” tukasnya.(Suh)

Berita Terkait

Top