Prodi Statistika FST Unair Ajak Warga Wonorejo Berdaya Melalui UMKM dan Pariwisata


Prodi Statistika FST Unair Ajak Warga Wonorejo Berdaya Melalui UMKM dan Pariwisata

Reporter : N. Suhendra


Redaksi Jatim, Madiun – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya kembali menebar kemanfaatan dan keilmuannya dalam pengabdian masyarakat di Desa Wonorejo, Mejayan, Madiun, Minggu (10/8).

Pengabdian masyarakat kali ini melibatkan pelaku UMKM Desa Wonorejo dan beberapa Desa lain di Kecamatan Mejayan untuk melek teknologi dengan memberikan pemahaman ilmu digital marketing.

Ketua kelompok pengabdian masyarakat FST Unair, Ardana Tegar Hendrawan mengatakan pendampingan terhadap UMKM dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Mejayan diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan pemahaman pemasaran digital.



“Kami telah melakukan pendampingan terhadap UMKM dalam branding produk hingga digital marketing. Selain itu, kami juga memberikan pentingnya ilmu pemasaran digital untuk kelompok sadar wisata, apalagi disini banyak situs sejarah,” kata Ardana Tegar.

Menurutnya, desa Wonorejo Madiun ini memiliki potensi ekonomi yang luar biasa. Ia berharap melalui pendampingan nya itu dapat mendorong masyarakat untuk semakin peduli dengan branding produk maupun wisata dengan digital marketing.

Sementara itu Camat Mejayan, Bibit Purwanto berharap apa yang disosialisasikan para mahasiswa itu dapat dilakukan secara berkelanjutan baik dari pengembangan UMKM dan promosi wisatanya.


“Saya harap pengabdian masyarakat ini tidak berhenti sampai disini saja. Melainkan berkelanjutan untuk membantu para pelaku UMKM naik kelas,” tutur Bibit Purwanto.



Menurutnya, marketing, pasar dan kualitas branding melalui digital marketing menjadi hal utama dalam sosialisasi tersebut. Ia berharap pengabdian masyarakat dengan melibatkan mahasiswa sebagai pembimbing itu dapat membawa dampak positif bagi warga desa wonorejo kecamatan Mejayan Madiun ini.(suh)

Berita Terkait

Top