Wabup Buka Festival tumpeng Ruwat Desa Tradisi Desa Segoro Tambak Sekaligus Resmikan Jembatan Baru.


Wabup Buka Festival tumpeng Ruwat Desa Tradisi Desa Segoro Tambak Sekaligus Resmikan Jembatan Baru.

Reporter Novem S

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Desa Segoro Tambak Kecamatan Sedati secara turun temurun melestarikan tradisi tumpengan dalam rangka sedekah bumi/ruwat desa.

Kegiatan Ruwat desa ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH dan disambut oleh kepala desa segara tambak Hj.Anik Mahmudah dan perangkatnya .

Dalam sambutannya Wakil bupati sidoarjo H Subandi SH menyampaikan kegiatan tasyakuran ruwat desa ini harus terus dipertahankan meskipun di jana serba modern ini anak cucu kita masih menghormati tradisi dan budaya warisan nenek moyangnya.

Mantan kepala desa Pabean dua periode ini sekaligus didapuk oleh pemerintah desa setempat untuk meresmikan penggunaan jembatan baru Penghubung antara dua desa,yakni segara tambak Sedati dan Tambak Oso Waru.

Kemudian dilanjutkan acara tradisi makan bersama tumpeng yang sudah disiapkan berjejer jejer di jalan desa segara tambak bersama Wakil bupati Sidoarjo dan warga yang hadir di acara Festival tumpeng Ruwat desa segara tambak.

Disela sela acara ruwat desa ini Wakil Bupati Sidoarjo berbagi kebahagiaan dengan warga desa segara tambak dan tambak Oso yang ikut menyemarakkan tradisi ruwat desa yang tidak boleh punah keberadaannya meskipun saat ini sudah memasuki jaman modern.

Adapun pejabat yang hadir selain Wakil Bupati Sidoarjo diantaranya, Rudi selaku Camat Waru, Sekretaris Camat Sedati, Danramil dan anggota babinsa,para Kepala Desa sekitar wilayah Segoro tambak, Ketua BPD, para ketua RT dan ketua RW dan warga desa segoro Tambak dan seluruh warga desa tumpah ruah di jalan umum desa segara tambak untuk memeriahkan festival tumpeng yang menjadi budaya di desa ini turun temurun .

Tak kurang 80 tumpeng dibuat untuk merayakan dan meramaikan acara ruwat desa biasanya diletakkan di tengah lapangan desa namun tahun ini khusus ditempatkan di jalanan umum desa segara tambak dan didekatnya sudah berdiri jembatan baru penghubung desa segara tambak Sedati dengan desa tambak Oso waru yang saat ini sudah digunakan untuk mobilitas masyarakat.

Kepala Desa segera tambak Hj.Anik Mahmudah mengatakan Festival tumpeng sekaligus ruwat desa dan juga pihak desa segara tambak minta Wakil Bupati Sidoarjo meresmikan jembatan baru tersebut, supaya desanya diberi keselamatan, kesehatan dan masyarakat Desa Segoro Tambak mejadi makin berkembang di era kepemimpinan Gus muhdlor Subandi.(vem)

Berita Terkait

Top