Gubernur Jawa Timur Apresiasi Launching Sipraja 2.0 Sidoarjo


Gubernur Jawa Timur Apresiasi Launching Sipraja 2.0 Sidoarjo.

Reporter : Novem S

Redaksi Jatim,Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo pada akhir tahun 2021 menggalakkan dan memberikan sosialisasi kepada warga Sidoarjo apa itu SIPRAJA 2.0.

SIPRAJA 2.0 atau kependekan dari Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo ini, merupakan inovasi pelayanan publik berupa aplikasi berbasis digital yang dihadirkan Pemkab Sidoarjo guna memberikan pelayanan prima bagi warga.

Melalui SIPRAJA 2.0 masyarakat Sidoarjo khususnya diberikan kemudahan dalam melakukan kepengurusan yang sudah terintegrasi mulai tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan hingga ke tingkat Kabupaten.

“Layanan ini, melanjutkan inovasi pelayanan publik yakni, SIPRAJA 1.0 pada 2019, tentang layanan kemudahan dalam kepengurusan perijinan misalnya, yang dapat diakses langsung oleh warga dari rumah atau kantornya,” kata Sekda Sidoarjo, Achmad Zaini.

“Sementara, melalui layanan SIPRAJA 2.0 ini sebuah peningkatan layanan. Memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat lebih efektif lagi. Semangat gemilang ini yang terus kita dorong dan ditingkatkan,” sambungnya.

Sementara itu Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo menyampaikan, bahkan pemerintah juga akan terus meningkatakan beragam jenis layanan yang dibutuhkan masyarakat. Dengan melalui SIPRAJA berbasis digital tersebut, sejalan dengan moto Pemkab Sidoarjo melalui hastag #TrusDirumah.

“Layanan SIPRAJA akan dikembangkan 3.0 hingga 4.0 kedepannya. Yang di dalamnya akan ada beragam jenis layanan publik. Saat ini, tersedia layanan kepengurusan administrasi. Dan kedepan, juga akan memasukan jenis layanan pengaduan dan konsultasi langsung dari rumah atau kantornya masing-masing. Sesuai hastagnya, #TrusDirumah,” ujarnya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah yang turut hadir sekaligus melaunching¬† layanan SIPRAJA 2.0 berbasis digital Pemkab Sidoarjo menyampaikan apresiasinya. ‘Bahwa bentuk layanan publik berbasis digital tersebut, merupakan satu-satunya inovasi layanan yang baru ada dan dikembangan disuatu daerah di wilayah Jatim, yaitu milik Pemkab Sidoarjo yaitu Mal Pelayanan Publik Virtual” ujar Khofifah.

“Kami apresiasi, inovasi layanan SIPRAJA tersebut merupakan salah satu pencapaian Pemkab Sidoarjo, dan berbagai penghargaan telah diterima Pemkab Sidoarjo mulai tingkat kelembagaan, kementrian bahkan ditingkat Nasional,” tuturnya.

Untuk diketahui, bahwa saat ini aplikasi SIPRAJA 3.0 Pemkab Sidoarjo sudah terdaftar dan sebagai targernya, aplikasi SIPRAJA 4.0 bisa segera tercapai, dan dijalankan saat HUT Sidoarjo ke 163, 2022 nanti. Saat ini bagi warga yang ingin mememanfaatkan layanan SIPRAJA 2.0, bisa mengunjungi, website resminya di laman sipraja.sidoarjokab.go.id.(vem/qq).

Berita Terkait

Top