Proyek Jalan Beton Ruas PG. Krembung-Mojoruntut Sidoarjo Masuk Tahap Pengecoran Pondasi dan Pemasangan Drainase


Proyek Jalan Beton Ruas PG. Krembung-Mojoruntut Sidoarjo Masuk Tahap Pengecoran Pondasi dan Pemasangan Drainase

Reporter : N. Suhendra



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Proyek betonisasi ruas jalan depan Pabrik Gula (PG) Krembung hingga Mojoruntut Kabupaten Sidoarjo telah rampung tahap pengecoran pondasi lapis bawah. Selanjutnya, tahap pengecoran akan dilakukan setelah pondasi lapis bawah kering sempurna.

Pengerjaan proyek pada wilayah Krembung yang ditarget rampung pada Desember 2023 ini, dibagi menjadi dua segmen. Yaitu segmen 1 dengan panjang 1.273 meter dengan lebar 5-6 meter. Mulai dari depan PG. Krembung hingga ke arah Ngoro Mojokerto. Dan segmen 2 dengan panjang 900 meter dan lebar 4-5 meter. Mulai dari pertigaan pasar Krembung hingga depan PG. Krembung. Di segmen 2 progres pengerjaan memasuki tahap pemasangan U-Ditch (drainase).

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan langkah betonisasi jalan ini ditempuh karena melihat banyak titik jalan yang mengalami kerusakan akibat kendaraan yang melewati Krembung-Ngoro atau jalan alternatif untuk ke Mojokerto ini, melebihi tonase (muatan melebihi batas maksimal).

“Proyek betonisasi Krembung-Mojoruntut ini adalah salah satu prioritas pembangunan infrastruktur di Sidoarjo dari sembilan ruas jalan yang akan kami lakukan betonisasi. Saya berharap proyek ini dapat segera diselesaikan agar masyarakat dapat menikmati manfaatnya,” jelas Gus Muhdlor pada Selasa (18/7/2023).

Gus Muhdlor juga menegaskan bahwa pengerjaan betonisasi jalan Krembung-Mojoruntut yang telah selesai proses pembetonan dasar atau bantalan, nantinya juga akan ditambahkan beton inti dengan ketebalan beton diatas lapis pondasi bawah.

“Progres pengerjaan ruas jalan Krembung-Mojoruntut sudah proses betonisasi lapis bawah yaitu pembangunan bantalan segmen 1 dalam waktu 3 hari sudah mencapai 325 meter. Sedangkan untuk tebal bantalan beton lapis bawah yaitu 10cm selanjutnya ditambah beton inti lebih tebal lagi,” jelasnya.

Gus Muhdlor berharap agar masyarakat bersabar, jika beberapa ruas jalan yang dalam proses betonisasi ada hambatan pengalihan jalan alternatif, sebab hal ini semata-mata untuk infrastruktur Kabupaten Sidoarjo yang lebih baik.

“Untuk pengerjaan proyek Krembung-Mojoruntut yang nantinya akan menjadi satu dengan betonisasi Porong, maka saat ini pengalihan arus kendaraan yang biasanya melewati Jalan PG Krembung akan dialihkan ke Jalan Raya Porong menuju Japanan,” ucap Bupati muda alumni SMAN 4 Sidoarjo tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Kabupaten Sidoarjo Dwi Eko Saptono mengatakan tahap pengecoran jalan selanjutnya menunggu pengecoran pondasi lapis bawah selesai. Pengecoran jalan dilakukan menggunakan teknologi dan metode modern untuk memastikan kualitas yang optimal dan kemanan struktural jalan.



“Proyek betonisasi ini melibatkan sejumlah pihak, termasuk pemerintah daerah, kontraktor, dan tim teknis yang bekerjasama dalam merencanakan dan melaksanakan konstruksi jalan yang baru. Tahap pengecoran pondasi lapisan bawah ini menandai langkah pertama menuju keberhasilan proyek ini,” jelas Dwi.

Dwi juga menambahkan, selain pengecoran juga telah dilakukan pemasangan U-Ditch (untuk membangun irigasi atau drainase) mulai pertigaan Pasar Krembung sampai Pabrik Gula Krembung.

“Kami terus memantau dan mengebut seluruh proyek jalan betonisasi, dan kami optimis semua jalan betonisasi yang diharapkan selesai Desember 2023, dan rampung tepat waktu,” pungkasnya. (Suh)

Berita Terkait

Top