Wabup Salurkan Program Rehab Rumah Bagi Warga Miskin di Waru.


Trenyuh,Wabup Salurkan Program Rehab Rumah Dan Sumbang Dari Dana Pribadi Untuk Warga Miskin di Waru.

Reporter : Novem S

 

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Wakil Bupati Sidoarjo, H.Subandi SH bersama Ketua BAZNAS kabupaten Sidoarjo, Ilhammudin bersama Nico Oktavian selaku  Kepala Desa Kedungrejo mengunjungi salah satu rumah warga miskin yang
bernama mbah bakriyah dengan alamat jalan brigjen katamso III no 34 rt 26 rw 06 dusun balongpoh desa kedungrejo, waru sidoarjo.

Wabup  melihat dari dekat kondisi mbah bakriyah seorang  janda rentan sakit sakitan yang hidup sebatang kara.

Hal ini menyentuh Hati Wabup Sidoarjo yang terkenal akan jiwa sosialnya tergerak untuk santuni dari dana pribadi selain menyalurkan program pemerintah kabupaten bedah rumah mbah Bakriyah.

Dengan melihat dari dekat Abah Bandi sapaan akrab Wakil Bupati Sidoarjo ini juga menyempatkan bercengkrama dengan mbah bakriyah sembari mengamati kondisi rumah si mbah ini yang memang tak layak huni.

Dengan disalurkan bantuan rehab rumah, abah Bandi sapaan akrab wakil bupati Sidoarjo ini juga membantu pemasangan keramik rumah Mbah bakriyah dari dana pribadinya yang diikuti oleh Kepala Desa Kedungrejo ikut membangunkan rumah Mbah bakriyah supaya layak untuk ditempati kembali.

Selain itu paket sembako dari BAZNAS kabupaten Sidoarjo khusus untuk Mbah bakriyah dan warga miskin di sekitaran rumahnya.

Program Bantuan Bedah Rumah ini dilatar belakangi oleh undang-undang no.39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia, yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk bertempat tingggal, serta berkehidupan yang layak.

Hal ini dirasa merupakan salah satu bentuk sinergi dengan program kerja pemerintah, mengingat terdapat pula program Rehab dan pembuatan rumah baru yang merupakan realisasi program pemerintah pusat melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, dimana lokasi pembangunan tersebar diseluruh kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.

Abah Bandi menambahkan untuk memberikan bantuan diatas, dibutuhkan proses penilaian yang dimulai dari RT, RW untuk menetapkan kelayakan dari masyarakat penerima bantuan dengan kriteria kondisi tertentu.

Melihat begitu menyentuh dan tepat sasaran realisasi program bantuan bedah rumah ini terhadap kebutuhan masyarakat miskin, Subandi sangat berharap agar program ini terus dilanjutkan secara rutin setiap tahunnya sebagai bentuk kepedulian bersama.(vem)

Berita Terkait

Top