Wabup Sidak Genangan Air Tiga desa di jabon.


Wabup Sidak Genangan Air Tiga desa di jabon.

Reporter : Novem S

 

Redaksi Jatim Sidoarjo- Sekitar sebulan lebih warga yang tinggal di 3 desa diantaranya desa Kedung pandan desa semambung desa Kupang Kecamatan Jabon hidup bersama air banjir yang tidak juga kunjung surut, Jumat (04/03/2022).

Karsono (35 tahun) salah satu warga yang tinggal di Rukun Tetangga (RT) 01 RW 05. Desa Semambung mengatakan bahwa akibat banjir yang masuk hingga kedalam rumah menyebabkan aktifitasnya terganggu.

Menurutnya bahwa akibat banjir yang tidak kunjung reda itu menyebabkan dirinya kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari, termasuk untuk kebutuhan pokok.

Beruntung Pak Wakil Bupati H.Subandi SH mengunjungi dirinya dan warga sekitar desa semambung yang terimbas genangan air sekaligus memberikan Sembako dan penyediaan air bersih.Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan Pak Wakil Bupati Sidoarjo di desanya yang saat ini tergenang air.

Sementara itu Zainuri Kepala Desa Semambung membenarkan bahwa saat ini ada sekitar 65 rumah yang berada di RW 05 desa semambung mengalami musibah genangan yang sebenarnya merupakan kiriman dari kabupaten tetangga yakni Kabupaten Pasuruan.

Diungkapkan oleh zaenuri bahwa warga yang terkena dampak genangan mendapatkan bantuan paket sembako dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Lewat Wakil Bupati dimana setiap paketnya berisi beras 10 kg, minyak goreng 1 kg, gula 1 kg dan tepung terigu 1 kg.

 

H.Subandi SH selaku Wakil Bupati Sidoarjo menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten sidoarjo hadir di tengah tengah warga yang sedang mengalami kesusahan akibat genangan air.

Mulai dari pemberian sembako , penyediaan sarana air bersih.
Disamping itu saat ini warga tengah diserang gatal gatal akibat genangan setinggi lutut,
Pemkab Sidoarjo lewat dinas kesehatan salah satunya puskesmas Jabon “membuka layanan posko kesehatan didalamnya ada pemeriksaan gratis beserta obat-obatan.“ujar Mantan Kades pabean dua periode ini

Untuk solusi yang paling solutif untuk ketiga desa ini lantaran masuk dalam pertemuan 2 sungai besar, yaitu sungai Gelondoro yang melintas disepanjang wilayah Jabon bagian selatan dan Sungai Kedunglarangan dari wilayah Bangil. “Kalau curah hujan masih tinggi dan ditambah lagi dengan banjir kiriman dari wilayah daerah tetangga, harus dengan normalisasi dua sungai ini dengan berkolaborasi bersama Pemkab Sidoarjo dan Pemkab Pasuruan. pungkasnya.(vem).

Berita Terkait

Top