Beraksi di CFD Ijen Malang, Sparkles Team Uji Pengetahuan Generasi Muda Tentang Budaya Jawa Timur


Beraksi di CFD Ijen Malang, Sparkles Team Uji Pengetahuan Generasi Muda Tentang Budaya Jawa Timur

Reporter : N Suhendra

Suasana di CFD Ijen Boulevard Malang



Redaksi Jatim, Malang, 3 Juli 2023 – Sparkles Team mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bersama Komunitas Kandaga Seni Budaya Malang (KSBM) melakukan kegiatan bertajuk Tokan-Takon Budaya pada kalangan anak muda yang berlangsung di Car Free Day (CFD) Ijen Kota Malang pada hari minggu di tanggal 18 Juni, 25 Juni, dan 2 Juli 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji pengetahuan anak muda Malang mengenai apa itu budaya dan kebudayaan.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada era globalisasi saat ini berkembang dengan pesat sehingga menimbulkan perubahan pola hidup yang ada pada masyarakat. Termasuk tidak sedikit kalangan generasi muda saat ini yang lebih tertarik pada kebudayaan asing daripada kebudayaan Indonesia sendiri selain itu kemerosotan moral di kalangan masyarakat khususnya remaja dan pelajar, kenakalan dan tindak penyimpangan dikalangan remaja, munculnya gaya hidup konsumtif, melemahkan rasa gotong royong, saling tolong yang menjadi ciri khas Indonesia, adanya perubahan tata nilai kehidupan dalam masyarakat antara lain cara orang bekerja, memudarkan nilai-nilai asli bangsa dan masyarakat cenderung bersifat individualis



Berangkat dari latar belakang tersebut, Sparkles Team ingin mengetahui apakah masyarakat Malang terutama anak muda, masih tahu tentang budaya dan kebudayaan Indonesia melalui Tokan-Takon budaya. Pertanyaan yang diberikan berupa definisi budaya dan kebudayaan serta contoh dari kebudayaan tersebut. Jawaban yang diberikan cukup bervariasi berdasarkan perspektif dan pandangan mereka masing-masing, namun masih ada pula yang bahkan tidak mengetahui apa itu budaya.



“Menurut saya budaya itu biasanya yang tumbuh dari masyarakat lebih dahulu melalui kebiasaan maupun kondisi lingkungannya kemudian menjadikan suatu adat istiadat.” ujar Brian, salah satu pengunjung CFD yang bersedia menjawab pertanyaan team sparkles. Hasil liputan dari kegiatan di CFD ini akan dipublikasikan melalui akun instagram komunitas KSBM dan media partner yang peduli dengan kegiatan KSBM. Sehingga bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas.(suh)

Berita Terkait

Top