Bupati Sidoarjo Hadiri Wisuda Purna Siswa SMAN 4 Sidoarjo


Bupati Sidoarjo Hadiri Wisuda Purna Siswa SMAN 4 Sidoarjo

Reporter : N. Suhendra



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Bupati Sidoarjo H.Ahmad Muhdlor Ali,S.IP hadiri Wisuda Purna Siswa SMAN 4 Sidoarjo tahun ajaran 2022/2023 angkatan ke-29 di Gedung Serbaguna SMAN 4 Sidoarjo Sabtu, (06/05/2023). Dalam kegiatan itu, Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati Sidoarjo memberikan semangat pada para wisudawan dan wisudawati. Sebanyak 433 peserta didik mengikuti prosesi Wisuda Purna Siswa SMAN 4 Sidoarjo itu. Sebelumnya sempat acara wisuda ditiadakan selama 2 tahun karena pandemi covid-19. Kemudian digelar kembali tahun 2023 dengan wisudawan/i angkatan ke-27.

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang merupakan alumni SMAN 4 Sidoarjo dalam sambutannya mengatakan merasa bangga menjadi bagian dari sekolah tersebut. Dirinya mengucapkan selamat kepada peserta didik yang telah melewati fase awal kehidupan dan  sebentar lagi melewati fase-fase kritis. Dimana lulus SMA meneruskan waktu kuliah adalah waktu terbaik.

”Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada para siswa yang wisuda hari ini, telah lewat fase awal kehidupan dan akan melanjutkan jenjang kuliah, memastikan bahwa waktu kuliah setelah SMA berhasil sama dengan keberhasilan,” ucapnya.

Disampaikannya juga berdasarkan riset dari salah satu Profesor John Hart bahwa 40 persen kesuksesan atau keberhasilan ini ditentukan oleh besarnya effort (upaya/usaha) masing-masing siswa. 30 persen ditentukan oleh guru atau orang tua yang mendidik dilingkungan. 7 persen disebabkan oleh lingkungan pendidikan. 7 persen oleh temannya. 7 persen karena sekolahnya.

“Oleh karena itu, penting bahwa besok ketika sudah merangkak naik ke jenjang kuliah diharapkan 40 persen tergantung dari diri kita semua, effort kalian semua, Ingat 49 persen ditentukan oleh diri kita sendiri. 30 persen karena guru. 7 persen karena lingkungan, sekolah, pergaulan Ini yang harus kita tata, untuk menentukan masa depan lebih baik,” kata Gus Muhdlor.

Lebih lanjut, Bupati Gus Muhdlor mengatakan bahwa menjadi keluarga besar SMAN 4 Sidoarjo jangan merasa inferior. Buktinya nyata bahwa lulusan dari SMAN 4 Sidoarjo kini menjadi bupati Sidoarjo.

“Berdiri di sini rasanya bernostalgia kembali lagi , serta jangan merasa malu dan selalu percaya diri bahwa ada alumni SMAN 4 bisa menjadi yokoh penting di Kabupaten Sidoarjo,  saya yakin kalian lebih potensial ke depan dan alumni siswa SMAN 4 Sidoarjo ini saya harapkan bisa guyub rukun dan bisa saling berkolaborasi satu sama lain,”ucapnya.

Gus Muhdlor juga meminta para lulusan untuk menjaga nama baik almamater serta jalin networking/jaringan yang luas untuk dapat berkembang dan bisa survive. Disampaikannya untuk bisa hidup survive ditentukan networking. Dan ia berharapan lulusan ini bisa mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara serta beragama di Kabupaten Sidoarjo. Serta emberikan warna yang baik sebagai generasi emas saat ini.

“Titip jaga nama baik sekolah, jangan sampai tercoreng. Lalu tingkatkan jaringan/networking yang luas, jalin komunikasi antar alumni, jangan minder, jangan takut teruslah bergerak masih banyak tantangan yang harus dicapai lagi banyak proses yang harus dilalui jadi generasi emas ke depanya mengharumkan nama SMAN 4 Sidoarjo,” harap Bupati Sidoarjo Gus muhdlor.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 4 Sidoarjo Imam Djawahir  berpesan kepada para wisuda untuk menjaga akhlak mulia. Selain itu ia meminta interaksi sosial alumni sepeti ini tidak boleh lemah. Harus dapat berteman dengan banyak orang atau berkolaborasi dan networking.  Tidak  bekerja sendiri karena menurutnya jamanya sudah berbeda.

“Akhlak mulia inilah yang harus terus dilanjutkan bagi peserta didik ini biar tidak lupa, karena akhlak mulia ini yang akan membawa dampak positif bagi masa depan anak-anak sendiri ” jelasnya.

“Yang lebih penting lagi yang kami harapkan alumni ini harus terbentuk suatu kolaborasi networking/ jaringan komunikasi yang kuat yang bisa memberikan informasi ,pengetahuan dan pengalaman serta berjuang terus dari sisi keilmuan yang utama,”tambahnya.

Dikatakannya juga bahwa lulus bukanlah tanda selesai belajar. Tetapi harus terus belajar dan belajar terutama belajar berkolaborasi , bekerjasama dan berkomunikasi dengan siapapun. Disampaikanya untuk wisudawan angkatan ke- 27 tahun 2023 ini ada sebanyak 433 siswa. Sedangkan 106 siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Dipintanya bagi alumni SMAN 4 Sidoarjo untuk jangan malu menjadi alumni SMAN 4 Sidoarjo. Salah satu bukti kekuatan SMAN 4 Sidoarjo adalah bupati Sidoarjo merupakan lulusan dari SMAN 4 Sidoarjo.



“Bahwa Siswa-siswi SMAN 4 Sidoarjo yang eligible tahun 2023 sebanyak 173 siswa atau 40 persen dari 433 siswa. Dari 173 siswa tersebut berhasil diterima PTN jalur SNBP sebanyak 106 siswa. Sedangkan yang berminat untuk melanjutkan di Poltekes sebanyak 26 orang, dan Alhamdulillah yang diterima sebanyak 19 siswa,” sampainya.

“Mudah-mudahan siswa siswi SMAN 4 yang nantinya daftar di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNPT serta siswa siswi yang daftar disekolah kedinasan ini bisa diterima semuanya, UTBK nilainya bisa memenuhi passing grade dan juga berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sehingga peringkat SMAN 4 Sidoarjo bisa naik lagi dan meningkat,” pungkasnya.(suh)

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top