Madrasah Ibtidaiyah NU (MINU) KH Mukmin, Sidoarjo Sabet Penghargaan Dalam Ajang PWNU Jatim Award 2023 kategori SD/MINU.


Madrasah Ibtidaiyah NU (MINU) KH Mukmin, Sidoarjo Sabet Penghargaan Dalam Ajang PWNU Jatim Award 2023 kategori SD/MINU.

Reporter : N Suhendra

Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah NU (MINU) KH Mukmin, Sidoarjo, Anis Faridah S.Pd menerima penghargaan dari PWNU Jatim 



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang digaungkan pemerintah pusat ke daerah menjadi perhatian khusus bagi lembaga pendidikan yang meningkatkan kompetensinya sebagai lembaga pendidikan yang unggul. Salah satunya adalah Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) KH. Mukmin Sidoarjo.

Dengan berbekal Coding for kids salah satu kurikulum yang menarik dan menghantarkan Madrasah Ibtidaiyah NU (MINU) KH Mukmin, Sidoarjo meraih juara 1 dalam ajang PWNU Jatim Award 2023 kategori SD/MINU.

Penghargaan dari PWNU Jatim Award yang digelar di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri pada Sabtu (18/3) akhir pekan lalu itu seakan menjadi kado spesial jelang usia satu abad, atau 99 Tahun MINU KH. Mukmin

Kepala MINU KH Mukmin Sidoarjo Anis Faridah mengatakan, salah satu faktor yang menjadi penilaian dalam PWNU Jatim award meliputi program unggulan dan kemandirian sekolah. Selain itu kedudukan sekolah di dalam tubuh NU juga menjadi penilaian.

“Selain program dan kemandirian sekolah, legalitas yang terinput di NU pusat juga menjadi penilaian,” ungkap Anis saat ditemui, Rabu (22/3).

Ia mengungkapkan MINU KH Mukmin merupakan salah satu dari tujuh sekolah di Jawa Timur yang menjadi barometer sekaligus piloting Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk kelas madrasah atau SD.

Sekolah dengan jumlah 540 siswa lebih itu memiliki sederet program unggulan, mulai dari penerapan tiga bahasa dalam lingkup sekolah, pego, pembelajaran berbasis IT hingga kurikulum coding for kids.

“Selain madrasah literasi berbasis karakter, kami juga mengunggulkan IT yang menjadi salah satu bekal mereka sukses di abad 21. Namun, siswa harus tetap mengedepankan karakter Aswaja untuk menguatkan diri sebagai generasi Nahdliyyin yang milenial,” ungkapnya.

Sempat mewakili Indonesia dalam ajang International kids Coding Competition (IKCC) yang digelar di negara Romania, MINU KH Mukmin mengirimkan 7 siswa nya untuk mengikuti lomba itu secara online, dan satu diantaranya berhasil masuk nominasi meski tak mendulang juara.

Madrasah Ibtidaiyah NU (MINU) KH Mukmin, Sidoarjo



“Coding for kids ini juga menjadi point’ penting dalam penilaian juara PWNU Jatim Award. Kurikulum ini mengajarkan siswa untuk berfikir kritis dan sistematis. Serta dapat menciptakan game dan kode-kode teknologi terkini,” terang Anis.

Meski berkembang pesat di dalam pendidikan atau kurikulum IT nya, MINU KH Mukmin Sidoarjo mempunyai visi mewujudkan generasi Islam yang berilmu, beriman berdasarkan Ahlusunnah wal Jama’ah dan berakhlaqul karimah serta berjiwa kebangsaan.

“Harapan ke depan semoga MINU KH Mukmin bisa menjadi manfaat dan keberkahan untuk masyarakat secara luas serta menghasilkan generasi Nahdliyin yang benar-benar bermutu,” pungkasnya.(Suh)

Berita Terkait

Top