Mahasiswa KKN Manajemen UPN “Veteran” Jawa Timur Merancang Banner Gratis Kepada Pemilik UMKM di RW 06 Kalirungkut Surabaya


Mahasiswa KKN Manajemen UPN “Veteran” Jawa Timur Merancang Banner Gratis Kepada Pemilik UMKM di RW 06 Kalirungkut Surabaya

Reporter : Novem S



Redaksi Jatim, Surabaya – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan yang memungkinkan mahasiswa untuk terlibat langsung dalam membantu dan mengembangkan masyarakat. Di tengah semangat pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia, mahasiswa KKN berusaha menjalankan program yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan UMKM lokal.


Program KKN yang dilakukan mahasiswa manajemen UPN “Veteran” Jawa Timur di Kelurahan Kalirungkut telah berjalan hampir 2 bulan sejak akhir Oktober kemarin. Program KKN ini dijalankan bersama para mahasiswa dari program Bina Desa MBKM 2023 atas persetujuan Bapak Ridho Anshori, S.STP selaku Lurah di Kalirungkut Surabaya.

Dalam menjalankan kegiatan KKN ini mahasiswa KKN manajemen UPN “Veteran” Jawa Timur” jurusan manajemen diantaranya Katherine Situmorang, Ishica Azzahra Amalia, Bayu Anindito Saputra, Muchamad Ilham Nazarudin, Davin Firmansyah Alam, Muhammad Syafiqus Sauqy  merancang berbagai program pengembangan UMKM. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah membagikan banner usaha kepada pemilik UMKM.

Menurut Dewi Khrisna selalu dosen pembimbing menjelaskan inisiatif yang dilakukan olehnya dan para mahasiswanya tersebut dalam program KKN ini merupakan harapan program studi manajemen dalam implikasi ilmu yang didapatkan terhadap kegiatan usaha ataupun bisnis dengan turun secara langsung di masyarakat, sehingga dapat membantu untuk memajukan UMKM di daerah sekitar.

Program ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada pemilik UMKM untuk meningkatkan kehadiran mereka secara visual melalui banner usaha yang berkualitas, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang dalam memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan daya saing.

Proses pengadaan banner ini melibatkan berbagai tahapan, mulai dari survei kebutuhan desain yang sesuai dengan identitas usaha, proses desain yang melibatkan partisipasi dari pemilik UMKM, hingga produksi dan distribusi banner.

Salah satu pemilik UMKM, Ibu Arina, yang menerima bantuan banner usaha dari mahasiswa KKN, menyatakan rasa terima kasihnya, “Banner ini sudah didesain bagus oleh adik-adik mahasiswa, semoga dengan adanya banner ini dapat menarik perhatian lebih banyak pembeli”.
Kegiatan ini juga telah mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat yang melihat potensi besar dalam pengembangan UMKM. Diharapkan bahwa program semacam ini akan terus berlanjut dan memperluas cakupan ke daerah-daerah lain untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.



Inisiatif para mahasiswa manajemen melalui program KKN membuktikan bahwa kontribusi dari generasi muda dapat memberikan dampak positif dalam memajukan sektor UMKM di Indonesia. Dengan kolaborasi antara pendidikan tinggi, pemerintah, dan masyarakat, harapannya adalah pertumbuhan ekonomi melalui UMKM dapat semakin terdongkrak dan memberikan dampak yang berkelanjutan bagi perekonomian negara.(suh)

Berita Terkait

Top