Peringati Hari Gizi, Siswa SD Al Muslim Melakukan Gerakan Sarapan Sehat


Peringati Hari Gizi, Siswa SD Al Muslim Melakukan Gerakan Sarapan Sehat

Reporter : Nur


Sidoarjo, RedaksiJatim.com – Pada tanggal 25 Januari, diperingati sebagai Hari Gizi Nasional sebagai momen penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi yang seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Mengusung tema “Healthy Food, Happy Kids” para siswa SD AL Muslim diharapkan dapat mengetahui pentingnya makanan sehat untuk kesehatan dan kebahagiaan mereka. Kegiatan Hari Gizi Nasional pada tahun ini, para siswa SD Al Muslim mengawali dengan menganalisa makanan yang mereka konsumsi selama 2 hari.

Kegiatan Hari Gizi kali ini diselenggarakan pada hari Rabu, 24 Januari 2024 diawali dengan gerakan sarapan sehat bersama untuk menciptakan kebiasaan makan sehat. Sarapan sangat penting bagi pelajar untuk dapat meningkatkan konsentrasi yang berpengaruh pula terhadap hasil belajar siswa. Kegiatan ini sesuai dengan dimensi profil pelajar Al Muslim Living Health and Green yaitu peserta didik dapat menunjukkan perilaku hidup sehat, memiliki fisik yang sehat serta gizi seimbang.

Setelah melakukan kegiatan Gerakan sarapan sehat bersama, para siswa kelas 1,2,3 melanjutkan kegiatan literasi dengan menyimak dongeng pentingnya gizi seimbang bagi kehidupan. Kemudian para siswa melakukan kegiatan mewarnai serta gunting tempel untuk membedakan makanan sehat dan tidak sehat. Tidak hanya itu, para siswa kelas 1,2 dan 3 juga mendapatkan sosialisasi mengenai isi piringku oleh Bu Fifirdaus Finaul Husnah, A.Md.Gz selaku Nutrisionis terampil Puskesmas Tambakrejo. Beliau menyampaikan saat ini istilah 4 sehat 5 sempurna sudah tidak digunakan kembali melainkan menggunakan istilah Gizi Seimbang yang telah diperbarui sesuai kondisi tubuh dan penelitian saat ini. Selain itu, bu Fifir menyampaikan “terdapat 10 pesan gizi seimbang yaitu syukuri dan nikmati aneka ragam makanan, banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan, biasakan makan lauk pauk tinggi protein hewani, biasakan konsumsi beraneka ragam makanan pokok, batasi konsumsi manis, asin dan lemak, biasakan sarapan, minum air bersih yang cukup, biasakan membaca label pada kemasan, cuci tangan dan beraktivitas fisik yang cukup”.

Selain itu para siswa kelas 4,5,6 mengikuti sosialisasi yang diberikan oleh dr. Agus Ali Fauzi, PGD.Pall.Med(ECU) kepala Instalasi Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD Dr. Soetomo yang mengulas tentang pentingnya sarapan, gizi seimbang serta membahas tentang analisa makanan yang telah dibuat oleh semua peserta didik SD Al Muslim. dr. Agus menyampaikan dalam masa pertumbuhan anak-anak sangat baik dalam mengkonsumsi susu. Selain itu untuk memiliki fisik yang sehat diperlukan makanan yang sehat pula. Makanan sehat berisi karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin dan mineral.

Anak-sanak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini banyak sekali pertanyaan yang diajukan kepada narasumber diantaranya “Apakah makan telur ceplok baik bagi kesehatan sedangkan sebelumnya diberikan informasi bahwa putih telur memiliki kandungan protein yang sangat baik” oleh Zafier kelas 4 Ibnu Sina. “Telur ceplok baik dikonsumsi bagi anak dalam masa pertumbuhan. Tapi, untuk orang tua sebaiknya mengkonsumsi lebih banyak putih telur dibandingkan kuning telurnya” Ujar dr. Agus. Ustazah Yustian, selaku wakil kepala SD Al Muslim bidang Kurikulum juga menyampaikan harapannya terkait acara ini, “semoga dari acara ini, siswa siswi SD Al Muslim dapat memahami pentingnya gizi seimbang yang terdapat pada isi piring mereka”.pungkasnya.(nur)

Berita Terkait

Top