Prodi Statistika FST Unair Bina Desa Wonorejo dan Sekitarnya Digital Marketing Wisata serta UMKM


Prodi Statistika FST Unair Bina Desa Wonorejo dan Sekitarnya Digital Marketing Wisata serta UMKM

Reporter : Novem S

Koordinator kegiatan dari Prodi Statistika FST Unair, M. Fariz Fadillah Mardianto bersama Mahasiswanya



Redaksi Jatim, Madiun – Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mengabdikan keilmuannya dalam pengabdian masyarakat di Desa Wonorejo, Mejayan, Madiun, Minggu (9/7). Pengabdian tersebut juga diikuti warga di sekitar Desa Wonorejo seperti Desa Kebonagung dan Klecorejo.

Pengabdian masyarakat yang dikemas dalam kegiatan bina desa kali ini melibatkan pelaku UMKM dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Wonorejo dan sekitarnya untuk melek teknologi dengan memberikan pemahaman ilmu digital marketing.

Koordinator kegiatan dari Prodi Statistika FST Unair, M. Fariz Fadillah Mardianto mengatakan sosialisasi digital marketing untuk desa binaan itu penting dilakukan. Apalagi, Wonorejo memilik situs sejarah berupa candi sebagai wisata dan produk UMKM yang beragam.

“Banyak sekali potensi wisata di Wonorejo dan sekitarnya seperti wisata purbakala berupa candi dan persawahan dengan pemandangan yang indah. Tentu ini menjadi nilai wisata tersendiri yang harusnya dapat mengikuti tumbuhnya UMKM sekiatr. Agar dikenal masyarakat luas maka perlu bagi kami berikan ilmu digital marketing dalam mendorong potensi ekonomi desa,” kata Fariz.



Menurutnya, desa Wonorejo Madiun ini memiliki potensi ekonomi yang luar biasa. Ia berharap melalui program desa binaan tersebut dapat mendorong masyarakat untuk semakin peduli dengan branding produk maupun wisata berkonsep digital marketing.

“Harapannya setelah pendampingan, hasilnya dapat diimplementasikan secara berkelanjutan baik dari pengembangan UMKM dan promosi wisatanya,” ungkap Fariz.

Marketing, pasar dan kualitas branding melalui digital marketing menjadi hal utama dalam sosialisasi tersebut. Fariz berharap pengabdian masyarakat dengan melibatkan mahasiswa sebagai pembimbing itu dapat membawa dampak positif bagi warga desa Wonorejo dan sekitarnya.

Koordinator kegiatan dari Prodi Statistika FST Unair, M. Fariz Fadillah Mardianto berikan kenang kenangan kepada para kepala desa


Kepala Desa Wonorejo, Altryan Selvian Aditya berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut, “Kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk warga kami. Harapan saya Wonorejo bisa dikenal karena potensi desanya” ujar Altryan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri pihak perwakilan dari Kecamatan Mejayan dan narasumber dari pelaku desa wisata serta UMKM, “Untuk pelaku wisata didatangkan pengelola desa wisata Girikerto Sine Ngawi sedangkan satunya dari pelaku UMKM kami mengundang Yoga Kukuh Prasetyo sebagai owner Makaronimu. Kedua narasumber memiliki pengalaman yang luar biasa dalam digital marketing” pungkqs Fariz.(suh)

Berita Terkait

Top