Prodi Teknologi Pendidikan UNESA Selenggarakan Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Bagi Gurudi Banyuwangi.


Prodi Teknologi Pendidikan UNESA Selenggarakan Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Bagi Guru di Banyuwangi.

Reporter : Novem Suhendra

Redaksi Jatim, Banyuwangi (16 Juli 2022) – Prodi Teknologi Pendidikan UNESA Selenggarakan Pelatihan Penyusunan Modul Ajar dalam menyongsong Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang menjadi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi,

Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ikut serta mengambil peran di dalamnya. IKM dicanangkan untuk mendukung pencapaian penanaman karakter yang tercermin dalam profil pelajar Pancasila diantaranya beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Program Studi Teknologi Pendidikan UNESA memberikan pelatihan penyusunan Modul Ajar. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang merupakan kegiatan dari Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu memberi pelatihan kepada guru SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Genteng, Banyuwangi. Pelatihan penyusunan modul ajar tersebut dilaksanakan secara Blended (luring dan daring). Pelaksanaan secara luring dilaksanakan pada hari sabtu 16 Juli 2022 bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Genteng, Banyuwangi.

Lalu, dilanjutkan dengan pendampingan yang dilakukan secara daring dengan agenda penyusunan Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan penyusunan Modul Ajar.
Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd., MCE memaparkan materi Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), serta hubungan ketiga komponen tersebut dalam kurikulum merdeka.

Kemudian materi dilanjutkan oleh Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd. yang menjelaskan tentang Komponen-komponen yang ada di dalam modul ajar dan menjabarkan secara teknis serta memandu peserta pelatihan dalam melakukan penyusunan modul ajar.

Sementara itu Dr. Irena Y Maureen, S.Pd., M.Sc. memandu peserta pelatihan dalam menyusun modul ajar ini memaparkan
peserta pelatihan terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh program studi Teknologi Pendidikan tersebut.

Harapannya setelah kegiatan pelatihan ini para guru mampu untuk menyusun modul ajar sesuai dengan mata pelajaran masing masing sehingga tercapainya IKM secara utuh.(Suh).

Berita Terkait

Top