Semarak LDKP Kelas V SD Al Muslim Sidoarjo Meriah Karena Ada Pena Ajaib


Semarak LDKP Kelas V SD Al Muslim Sidoarjo Meriah Karena Ada Pena Ajaib

Reporter : N. Suhendra


Redaksi Jatim, Sidoarjo – Terbersit satu kata “Seru”!  Itu yang dirasakan oleh segenap siswa kelas V SD Al Muslim saat menapaki jalanan yang mereka lalui menuju Villa CMA yang berlokasi di Pacet, Mojokerto. Lebih dari 100 siswa SD Al Muslim yang dibagi ke dalam 15 tim didampingi Ustazah Dini, Ustazah Muya, Ustazah Dea, Ustazah Zaim, Ustazah Iis, Ustazah Triana selaku Wali Kelas V Ibnu Sina, V Ibnu Rusydi, V Ibnu Khaldun, V Al Farabi, V Al Kindi, dan V Al Khawarizmi, serta Ustazah Rara, Ustazah Meidi, Ustad Izzi, Ustad Anggoro yang tergabung dalam panitia kegiatan, dan Kepala SD Al Muslim melaksanakan kegiatan tahunan semester genap Tahun Ajaran 2022/ 2023 LDKP (Latihan Dasar Kepemimpinan) selama dua hari (Senin-Selasa, 8-9 Mei 2023).


Perjalanan yang dilakukan bukan hanya seru, namun juga memberikan pengalaman berharga bagi peserta didik selama naik truk TNI. “Masyaallah ini kan truknya pak TNI ya Ustad, kalau Pak TNI pergi ke perbatasan buat menjaga kesatuan NKRI apa juga naik ini ya Ust? Kasihan ya, terlebih Pak TNInya hebat ” ujar Alvaro, V Al Farabi dengan penuh decak kagum campur haru.


“Dalam kegiatan LDKP ini terdapat gol dimensi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Lulusan SD Al Muslim yang perlu dicapai oleh peserta didik. Berpikir kritis dan gotong royong merupakan Profil Pelajar Pancasila yang perlu dicapai. Sementara untuk profil lulusan SD al Muslim meliputi Personal excellence; Managing and collaboration; Communication; Critical and Craeative Thinker. Dalam kegiatan LDKP.

Masing-masing peserta didik akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti mereka telah melaksanakan kegiatan LDKP,” tutur Ust Iis, penanggungjawab utama kegiatan.


Sejalan dengan yang disampaikan oleh penanggungjawab kegiatan, Fatimatuz Zahroh, S.Pd., M.Pd., Kepala SD Al Muslim menyampaikan dalam sambutannya, “Saya berharap kalian semua bukan hanya sekedar melakukan game dari satu pos ke pos lain, namun juga dapat mengambil hikmah dan filosofi kepemimpinan dari setiap game yang dilakukan bersama anggota tim.”


Pada kesempatan berikutnya pada hari kedua beliau juga memberi pesan pada siswa, “Ustazah ingin kalian juga bisa membangun keterampilan berpikir kritis, bekerja sama, dan berkomunikasi yang baik, dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Di mana keterampilan inilah yang akan kalian bawa sampai kapanpun, bahkan sampai kalian berada dalam profesi yang ditekuni di usia dewasa nanti”.


Berbagai game dipersiapkan guna menggali dan memupuk jiwa kepemimpinan peserta didik. Game yang dipersiapkan terdiri dari Team pen game, Pen ball bottle, Balloon train, dan Twin Shoes Walk Together. Masing-masing game disebar di 4 pos dilengkapi peralatan yang dibutuhkan.

Setiap tim memiliki kewajiban menyelesaikan serangkaian game yang telah ditata sedemikian rupa, sehingga tidak ada satu pun tim yang tidak melaksanakan game pada masing-masing pos.
Susur area LDKP di pagi hari merupakan pengalaman yang tak kalah serunya.

Sebagai penerapan project P5 dengan tema teknologi pertanian, segenap peserta didik diajak untuk turun gunung menyusuri area persawahan guna temu muka dengan petani yang ada di daerah tersebut.

Kegiatan susur area ini siswa memiliki amanah menemukan informasi seputar pertanian. Game pipa bocor merupakan penutup dari serangkaian kegiatan LDKP kali ini.

Siswa mendapat tantangan menutup setiap lubang yang terdapat dalam pipa berisi air. Berbagai pengalaman menarik telah mereka alami, semoga apa yang diperoleh dalam kegiatan LDKP ini dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.(suh)

Berita Terkait

Top