SMK YPM 8 Sidoarjo, Tutup MPLS dengan Sikap Peka Lingkungan Sekitar.


SMK YPM 8 Sidoarjo, Tutup MPLS dengan Sikap Peka Lingkungan Sekitar.

Reporter : Novem S

 

Redaksi Jatim, Sidoarjo(22Juli 2022)- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Maarif (YPM) 8 Sidoarjo, tutup Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan bersihkan aliran sungai serta tabur ribuan bibit ikan di sungai sekitar Sekolah, Sabtu (23/7).

Ratusan siswa-siswi berjibaku membersihkan bantaran sungai. Bahkan, sebagian juga turut menceburkan diri untuk mengambil sampah di dasar sungai.

Kepala Sekolah SMK YPM 8 Sidoarjo, Dr Kisyanto menegaskan jika penutupan MPLS ini merupakan aksi nyata YPM 8 Sidoarjo bersama anak-anak didiknya dalam menjaga lingkungan.

“Sebelum pandemi dulu kita sudah sering melakukan kegiatan seperti ini. Di Sekolah itu kan ada duta lingkungan juga ada pasukan semut yang disitu mereka diberi pemahaman terkait kepedulian terhadap lingkungan,” kata Kisyanto usai dampingi siswa-siswi nya.

Ia mengaku, pentingnya menanamkan peduli lingkungan terhadap peserta didik perlu diperhatikan untuk mewujudkan program zero waste yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Ini sangat penting. Kalau boleh saya katakan, kepedulian anak muda terhadap lingkungan sudah mulai luntur. Ini adalah unsur pemberdayaan yang kami lakukan untuk anak-anak sehingga harapan kedepan mereka dapat mencintai lingkungannya,” harapnya.

Diharapkan sekolah-sekolah lain dapat menerapkan kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Tidak hanya tingkat SLTA namun pemahaman soal lingkungan harus ditanamkan sejak dini.

“Diharapkan semua sekolah dapat menerapkan hal yang sama terkait kepedulian lingkungan. Karena lingkungan hidup tidak hanya di darat, lingkungan hidup di sungai juga perlu kita perhatikan karena banyak kehidupan juga disana,” tukasnya.

Aksi peduli lingkungan sebagai rangkaian penutup MPLS ini sedikitnya menabur 10 ribu ekor bibit ikan lele dan mujaer bersama. Selain itu, Juga turut hadir Kepala DLHK Sidoarjo kemudian Kepala Desa Sarirogo, Anggota Polsek serta Komandan Kompi Panser turut hadir dalam acara peduli lingkungan ini.(Suh).

Berita Terkait

Top