SMP Al Muslim Gelar Talk Show Interaktif Guna Waspadai Child Grooming Yang Semakin Masif


SMP Al Muslim Gelar Talk Show Interaktif Guna Waspadai Child Grooming Yang Semakin Masif

Reporter : N. Suhendra

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan setiap manusia untuk dapat menjalin hubungan dengan orang lain tanpa memerlukan banyak biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan.

Hal tersebut juga yang mendasari munculnya kejahatan dunia maya (cyber crime), salah satunya yakni child grooming. Tindakan child grooming sendiri merupakan bentuk kejahatan memanipulasi pikiran anak-anak dan remaja untuk melakukan tindak pelecehan seksual melalui media sosial.

Mewaspadai tindak kejahatan tersebut, siswa SMP Al Muslim Jawa Timur adakan Training Remaja berbentuk Talkshow Interaktif dengan tema : “Apa itu Child Grooming dan Bagaimana Cara Agar Terhindar dari Eksploitasi Seksual Online”. Talkshow tersebut menghadirkan ibu Asteria Ratnawati Saroinsong, S.Psi., Psikolog sebagai pembicara.

Kegiatan diawali pada pukul 07.50 WIB dengan pertunjukan seni siswa SMP. Bertempat di aula, siswa-siswi terlihat ceria dan senang. Hingga tepat pada pukul 08.00, kegiatan talkshow tersebut resmi dibuka. Ustadzah Dita Firlia, S.Pd selaku salah satu penanggung jawab kegiatan memaparkan dalam sambutannya bahwa, “Hari ini akan ada penjelasan mengenai child grooming, ustadzah harapkan kalian bisa menggali informasi lebih dalam lagi, diambil sisi positif, dan dihilangkan sisi negatifnya” ucapnya.

Memasuki sesi inti, Mimi Ria (sapaan akrab Ibu Asteria) mengajak siswa-siswi untuk ice breaking terlebih dahulu. Setelah siswa-siswi merasa antusias dan bersemangat, Mimi Ria menyampaikan materi seputar child grooming, mulai dari definisi, pentingnya edukasi, pemutaran video contoh tindakan child grooming, hingga upaya preventif terhadap tindak kejahatan child grooming. Selain itu, beliau juga meminta siswa-siswi untuk menuliskan di atas kertas mengenai pengalamannya ketika melihat/mengalami langsung kejahatan child grooming. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dalam sesi ini tampak siswa-siswi yang aktif menyampaikan pertanyaannya.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Mami Ria dalam closing statement-nya bahwa, “Kalian harus menjadi remaja yang tangguh dan bisa melindungi diri kalian sendiri dengan melakukan hal-hal yang positif. Dengan begitu, Insya Allah kalian akan dapat mewujudkan cita-cita kalian dengan baik. Jadi, lindungi dan sayangi diri kalian agar kelak kalian menjadi orang dewasa yang sholih dan sholihah”.

Selama kurang lebih dua jam kegiatan tersebut dilangsungkan, siswa-siswi SMP Al Muslim terlihat puas dengan materi yang disampaikan. “Terima kasih kepada Ibu Asteria yang sudah memberikan kita wawasan mengenai child grooming dan cara terhindar dari eksploitasi seksual online.

“Saya merasa mungkin dalam kehidupan saya sendiri pernah masuk ke tahap child grooming namun belum memasuki tahap yang serius, ” ujarnya.

“Sekarang dengan adanya pengetahuan ini saya bisa menghindari hal tersebut,” terang Aiko Alidanisha Pitana selaku siswa kelas VIII Abu Bakar Ash-Shiddiq sekaligus MC kegiatan.(suh)

Berita Terkait

Top