SMP Al Muslim Peringatan Hari Pramuka ke-62 Dengan Semangat Nasionalisme Dan Patriotisme


SMP Al Muslim Peringatan Hari Pramuka ke-62 Dengan Semangat Nasionalisme
Dan Patriotisme

Reporter : N. Suhendra



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Seiring dengan aktivitas pramuka yang mengajarkan kedisiplinan, ketangkasan serta ketrampilan dilakukan oleh seluruh gugus pramuka yang ada di sekolah sekolah. Tak terkecuali SMP Al Muslim Sidoarjo. Peringatan Hari Pramuka ke-62 dilaksanakan di SMP Al Muslim dengan kegiatan upacara untuk memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme, dilanjutkan dengan kegiatan ujuk kreasi untuk memberikan wadah setiap regu mampu berekspresi dan berkreasi.

Usia boleh memudar, tetapi semangatmu tak boleh pudar.

Upacara hari pramuka SMP Al Muslim diikuti oleh kamabigus, Pembina Gudep, Pembina Satuan, guru-guru dan para penggalang/siswa, sebagai petugas adalah tim inti yang telah disiapkan tersendiri, dengan pembina upacara Kak Siti Aisyah. Dilaksanakan pukul 08.00-08.30, Barisan upacara berbentuk angkare itu tertata rapi sesuai dengan urutan regu. Atribut terpasang rapi, sikap sempurna mengikuti aba-aba sang pemimpin.

Tampaklah sikap pertahanan fisik dan mental yang mencerminkan kedisiplinan peserta, pantang mengeluh karena pramuka adalah bakti untuk negeri. Kak Siti Aisyah dalam amanatnya merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana telah genap berusia 62 tahun.

“Pramuka merupakan kawah Candradimuka yang dapat menempa Generasi muda untuk menjadi penerus Bangsa yang tangguh, jujur, disiplin dan amanah,” jelas Kak Siti Aisyah.

Aktivitas beregu dalam pramuka membutuhkan kerjasama yang baik, tidak ada yang susah bila dilakukan dengan riang gembira dan penuh tanggung jawab, kegiatan unjuk kreasi melatih siswa untuk terus berusaha walaupun menghadapi kegagalan dan rintangan ketika latihan. Kesuksesan paling besar adalah bisa bangkit saat terjatuh. Jangan pernah mengeluh terhadap cobaan yang sedang menimpa. Setiap regu mempersiapkan tampilan mulai dari menemukan ide, persiapan latihan, properti, dll. Dalam prosesnya tentu diwarnai dengan rintangan dan menjadi pembelajaran menyelesaikan masalah. Disinilah gerakan pramuka harus terus dipupuk.



“Kegiatan pramuka memiliki nilai pendidikan yang sangat penting di era digital saat ini, karena melalui kegiatan pramuka para siswa akan mendapatkan pendidikan karakter dan dapat meningkatkan rasa nasionalisme” Kata Ustazah Ika Sriyaningsih selaku Kepala sekolah SMP Al Muslim.

Kegiatan ujuk kreasi diikuti oleh 30 regu putra dan putri dari kelas VII,VIII, dan IX. Tampilan kreasi bisa berupa yel-yel, jingle, tarian, bernyanyi, aksi, dll. Performan yang ditampilan atas ide regu masing-masing, suasana meriah di aula SMP Al Muslim meningkatkan kecintaan siswa atas pramuka, sorak bahagia dan sportivitas saling memberikan dukungan, disinilah mereka bisa saling belajar dari regu lain, saling megamati dan memodivikasi agar tampilan berikutnya lebih baik.

“Kegiatan unjuk kreasi seperti ini sangat seru sekali, kami dapat belajar hal-hal baru, melatih rasa percaya diri dan kerjasama serta dapat meningkatkan daya kreativitas siswa,”. Seru Jenna salah satu siswa di SMP Al Muslim.

Diharapkan kegiatan seperti ini tetap dinanti dan memberi inspirasi. Semoga dari gerakan pramuka melahirkan pemimpin-pemimpin muda Indonesia masa depan.(suh)

Berita Terkait

Top