SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo Gelar MPLS Menuju Penerapan Revolusi Pendidikan 5.0


SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo Gelar MPLS Menuju Penerapan Revolusi Pendidikan 5.0

Reporter : Novem S

Upacara Pembukaan MPLS SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo


Redaksi Jatim, Sidoarjo (Jum’at, 21 Juli 2023) – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2023/2024 sudah berjalan mulai Senin (17/7/2022) hingga ju’mat dan dilakukan seluruh sekolah yang ada di Indonesia.

Seperti halnya SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo yang menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama satu minggu ini dengan mengangkat tema optimalisasi bakat dan kemampuan peserta didik menuju era revolusi pendidikan 5.0.

Seluruh siswa baik yang lama dan yang baru mengikuti apel pembukaan MPLS di halaman tengah Gedung SMP Hang Tuah 6 Sidoarjo, Jl. Raya Juanda No. Sidoarjo.
Bertindak sebagai inspektur apel adalah Waka humas SMP Hang Tuah Excellent Sidoarjo. Drs. Agung Ambar Satrijo, MM.



Dalam sambutannya, ia menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta didik baru SMP Hangtuah 6 Sidoarjo “Selamat datang anak-anakku, kalian dari berbagai sekolah dasar, ada yang Negeri atau Swasta. Ada yang SD ataupun Mi. Dan kali ini kalian menjadi satu saudara, di Sekolah ini,” katanya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo, Irra Fatukawati S.Si, M.Pd menyampaikan bahwa MPLS ini mengutamakan pengenalan sekolah dalam rangka pembentukan karakter siswa.

Sementara pihaknya sebagai institusi pendidikan dituntut untuk tanggap terhadap perkembangan masyarakat saat ini. Karena itu, MPLS kali ini mengangkat tema optimalisasi bakat dan kemampuan peserta didik menuju revolusi pendidikan 5.0.

Kepala Sekolah SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo, Irra Fatukawati S.Si, M.Pd


“Konsep ini bertitik tolak pada konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi, maka kegiatan MPLS ini pun dikemas dengan sekreatif dan semenarik mungkin,” tuturnya, Selasa (21/7/2023).

Realisasinya, SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo mengundang berbagai pihak terkait untuk membekali para siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah maupun di lingkungan sekitar.

Sehingga diharapkan para siswa siswi sekolah ini kedepannya lulus dengan membawa ilmu pengetahuan yang mumpuni dibarengi kesehatan mental dan spiritual yang lebih baik.

Pada hari terakhir MPLS ini SMP Hang Tuah 6 excellent sidoarjo menggelar MPLS outdoor dengan kemasan aligan be apart of excellent dengan menampilkan kreasi ekstrakulikuler siswa siswi yang memiliki penghargaan baik di tingkat daerah nasional hingga internasional.

Di sekolah ini, lanjutnya, selama tiga tahun kedepan tidak hanya akan diajarkan untuk mengenal ilmu pengetahuan saja. Tetapi, ilmu agama juga perlu ditekankan, termasuk akan diajarkan etos kedisiplinan dan beretika.

MPLS SMP Hang Tuah 6 Eccellent Sidoarjo


Kegiatan MPLS tabun ini mendapat apresiasi dari siswa  Salah satinya Sena , sapaan akrabnya Ahmad Aviesena R. Siswa kelas VII yang mengatakan menjadi kebanggaan tersendiri ketika ditunjuk sekolah untuk mengisi agenda MPLS out door ini. “Alhamdulillah, bisa mempersembahkan pertunjukan karate seperti apa yang sering saya ikuti dibeberapa kejuaraaan karate tingkat lokal maupun nasional.(suh)

Berita Terkait

Top