Spemduta Jalin Silaturahmi Dan Berbagi Bersama Yatim Dhuafa


Spemduta Jalin Silaturahmi Dan Berbagi Bersama Yatim Dhuafa.

Reporter : N. Suhendra



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Dalam rangka pondok ramadhan 1444H, siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah 2 Taman-Sidoarjo (Spemduta) menjalin silaturahmi dan berbagi bersama dengan panti asuhan Aisyiyah Balongbendo, Kamis (6/4/2023)

Bertemakan kita membagi, Allah mengkali, Spemduta mengajak para siswa kelas 8 untuk menyantuni anak yatim.

Rangkain acara dimulai sebelum keberangkatan menuju panti asuhan Aisyiyah Balongbendo, seluruh siswa beserta guru pendamping pondok ramadhan bersama-sama melaksanakan sholat dhuda.

Sampai di panti kemudian acara dibuka dengan pembacaan surat Ad-Dhuha dan Al-Ma’un yang dipimpin oleh ustadz Akhmad Rijal Tawakal, S.Pd.I, dilanjutkan dengan sambutan dari Emil Mukhtar Efendi, S.Kom, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa terimaksih kepada tuan rumah yaitu panti asuhan Aisyiyah Balongbendo dan sedikit membahas mengenai surat Al-Maun yang sebelumnya telah dibacakan bersama-sama saat acara dibuka.

“Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus dan anak-anak panti asuhan Aisyiyah Balongbendo mau menerima kami, tujuan utama kita datang kesini ingin bersilaturahmi dan mengamalkan perintan Allah SWT,” terangnya.

Lebih lanjut Pak Emil, sapaan akrabnya menjelaskan kepada siswa Spemduta mengenai cikal bakal berdirinya muhammadiyah merupakan perwujudan dari surat Al Ma’un yaitu menyantuni anak yatim.

kepala panti asuhan Aisyiyah Balongbendo Sunarsih berpesan kepada siswa Spemduta untuk tidak hanya membaca, namun juga mengamalkan surat Al Ma’un.

“Alhamdulillah siswa Spemduta sudah belajar tentang konsep Al Ma’un, mudah-mudahan bisa diteruskan dengan mengamalkannya,” ujarnya

Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui (Qs Ali Imron : 92)

“Dari kutipan ayat Ali Imron juga menganjurkan kita semua untuk berbagi berikan yg terbaik yg kalian semua miliki maka insyaAllah Allah juga akan memberikan yang terbaik untuk kita semua,” imbuhnya.



Antusiasme siswa Spemduta terlihat ketika pembagian bingkisan, selain bingkisan yang sudah dipersiapkan oleh pihak sekolah, beberapa siswa juga menyiapkan bingkisan yang sudah dibawa dari rumah ada pula yang terlihat patungan sesaat setelah mendengar materi dari ustadzah Sunarsih.

Seusai berbagi kemudian kegiatan ini ditutup dengan sholat duhur berjamaah di musholah panti asuhan Aisyiyah Balongbendo.(Suh)

Berita Terkait

Top