Spentigda Gelar Shalat Istisqa dan Panjatkan Doa untuk Palestina


Spentigda Gelar Shalat Istisqa dan Panjatkan Doa untuk Palestina

Reporter : N. Suhendra



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Inilah Shalat Istisqa’¬†yang dilaksanakan di Lapangan SMPN 3 Sidoarjo (Spentigda). Kegiatan diikuti seluruh warga sekolah mulai pukul 06.45-07.15, Senin (30/10/23).

Kegiatan tersebut dibuka dengan bacaan asmaul husna dan shalawat. Sebelum shalat istisqa dua rakaat, ada shalat ghaib untuk korban Palestina.

Bertindak sebagai imam adalah Faishol Suudi SPdI dan bilal yaitu Waris. Dalam ceramahnya, guru BTQ Spentigda itu mengatakan, tujuan adanya shalat tersebut untuk meminta hujan dan keberkahan.

“Pagi ini kita shalat Istisqa’ meminta kepada Allah SWT untuk kesegeraannya menurunkan hujan yang membawa keberkahan dan berakhirnya kemarau yang berkepanjangan, hingga menimbulkan kebakaran dan kekeringan,” jelasnya.



Acara ditutup dengan doa, tak hanya untuk meminta turunnya hujan saja, melainkan juga meminta keselamatan dan kesejahteraan untuk warga Palestina.

“Selain itu, kita juga akan berdoa kepada Allah SWT untuk saudara kita di Palestina, semoga diberikan keselamatan, perlindungan, dan segera dibebaskan,” tuturnya.

Kegiatan spiritual tidak hanya dilakukan siswa muslim, tapi juga non muslim. Para siswa non muslim doa bersama di Ruang AVA yang ada di lantai dua.

Seperti yang disampaikan Marintan Dumariris, salah seorang siswa non muslim dari kelas 8A. Kegiatan keagamaan tidak hanya untuk siswa muslim Spentigda saja.

“Para pelajar non muslim juga melaksanakan doa bersama-sama yang dipimpin oleh Philipus Samuel STp, salah seorang guru agama Kristen Spentigda,” ungkapnya.

Tujuannya, lanjut dia, adalah agar berakhirnya kekeringan yang sedang melanda bumi kita ini.

“Tadi di Ruang AVA kita yang non muslim mulai kelas 7 sampai kelas 8 juga doa bersama dipimpin Pak Philip, biar diturunkannya hujan dan berakhirnya kekeringan kemarau, yang tiap harinya memang cuaca panas sekali, yah,” kata Marintan. (suh)

Berita Terkait

Top