Wakil Gubernur Jatim Hadiri Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Swasta Jatim Dalam Menampung Visi dan Misi Dunia Pendidikan Swasta Jelang Tahun 2023.


Wakil Gubernur Jatim Hadiri Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Swasta Jatim Dalam Menampung Visi dan Misi Dunia Pendidikan Swasta Jelang Tahun 2023

Reporter : Novem S

Redaksi Jatim, Sidoarjo – SMK swasta se Jawa Timur gelar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dalam menampung visi dan misi dunia pendidikan swasta jelang tahun 2023.

MKKS yang dihadiri seluruh kepala sekolah swasta se Jawa Timur itu dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Acara digelar di salah satu hotel Sidoarjo pada Jumat (9/12).

Sekertaris MKKS SMK Swasta Jatim, Dr Kisyanto mengatakan seluruh perwakilan sekolah swasta, baik kabupaten dan kota di Jatim ini siap menyongsong dunia pendidikan tahun 2023 nanti dengan menyelaraskan visi misi bersama.

“Kita selaraskan program-program dari Kementerian Pendidikan, khususnya direktorat kejuruan mengenai perkembangan teknologi. Lebih lagi kita ingin MKKS Provinsi dan Pusat menyongsong program bersama agar tercipta lulusan SMK swasta yang baik dan berkualitas,” kata Dr Kisyanto.

Menurutnya, dari ratusan SMK swasta di Jatim. Problem di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak gap antara sekolah swasta kecil dengan sekolah swasta besar yang unggul dari segi fasilitas dan finansial yang mumpuni.

“Kalau berbicara harapan. Kami berharap SMK swasta yang unggul dapat membantu SMK yang kecil untuk maju bersama dengan tujuan pemerataan dan kualitas pendidikan yang diberikan untuk anak didik. Tentunya dengan tujuan yang sama untuk mencetak anak didik lulusan SMK swasta yang berkualitas di Jawa Timur,” ungkapnya.

 

Dari 1800 lebih sekolah swasta di Jatim. Ia berharap melalui MKKS ini dapat terjalin kerjasama yang apik dalam mewujudkan konsep merdeka belajar untuk anak didik generasi penerus.

“Dari jumlah yang sekian banyak ini harus terus komunikasi dan berkoordinasi. Saya kira dengan kuat dan menguatkan sesama dapat mewujudkan konsep merdeka belajar yang diharapkan,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa target di tahun 2023, kuantitas dan kualitas SMK swasta di Jatim terus bertambah. Baik jumlah siswa yang meningkat serta fasilitas untuk sarana prasarana pendidikan yang mumpuni agar tercipta lulusan SMK swasta berkualitas sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Selain dihadiri Wakil Gubernur Jatim juga Dihadiri oleh Pengurus MKKS SMKS Kabupaten Kota se Jatim.

Materi Kebijakan SMK oleh Direktur SMK Ditjen Diksi Kemendikbudristek RI

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak mengungkapkan bahwa kolaborasi dengan SMK swasta di Jatim sangat diperlukan, mengingat jumlahnya yang lebih banyak dari SMK Negeri dapat mensuport dunia pendidikan.

“Saat ini kami juga tengah berjuang bagaimana mensupport dunia pendidikan swasta dengan program biaya pendidikan yang ringan. Kami tentu juga berharap masyarakat dapat mendukung sekolah swasta, karena diharapkan lulusan SMK swasta ini dapat menjawab tantangan di masa depan,” ungkap Emil saat didapuk sebagai Keynote Speaking pada talk show acara ini.

Emil menegaskan kemajuan dunia pendidikan dan persaingan dunia kerja di luar sangat kompetitif. Ia berharap beberapa jurusan di SMK swasta untuk diperkuat. Misalnya, kejuruan untuk kewirausahaan dan teknologi terkini.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan zaman menuntut kita untuk selalu berinovasi, baik dalam dunia pendidikan dan dunia kerja. Dari beberapa pameran hasil karya anak didik SMK swasta ini menunjukkan bahwa mereka memilik modal dasar yang bagus tinggal bagaimana kita terus memperkuatnya. Kewirausahaan bagi anak didik menjadi salah satu kunci yang wajib ditanamkan agar mereka dapat survive saat lulus nanti,” tandasnya.(suh).

Berita Terkait

Top