Pasca Ratusan Hektar Sawah Gagal Tanam, TPD Jawa Timur Prabowo Gibran Bawa Solusi


Pasca Ratusan Hektar Sawah Gagal Tanam, TPD Jawa Timur Prabowo Gibran Bawa Solusi

Reporter : N. Suhendra



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Dewan penasehat Tim pemenagan daerah (TPD) Jawa Timur, Ir. H Bambang Haryo Soekartono turun langsung tangani tanggul area persawahan di Sidoarjo jebol yang mengakibatkan ratusan hektar sawah petani gagal tanam.

Bambang Haryo merespon cepat ratusan hektar sawah di desa Bakungtemenggungan dan Mliriprowo Balongbendo, Sidoarjo gagal tanam akibat tanggul persawahan yang jebol tiga titik, Rabu (3/1).

Disana, Pria yang juga didapuk sebagai bapak petani sidoarjo itu menghubungi balai besar wilayah sungai brantas (BBWS) untuk segara melakukan tindakan atas tanggul jebol yang merugikan puluhan petani tersebut.

“Saya langsung menghubungi kepala balai untuk pembenahan nya, dan kita harapkan dapat terselesaikan tidak terlalu lama dan berjalan dengan baik. Karena dampaknya ini, air nya mengalir ke wilayah Balongbendo yang dimana Balongbendo kesulitan air karena airnya masuk kesini,” kata Bambang Haryo.

Dia juga menyebut pagi tadi, petani melakukan swadaya dengan penambalan tanggul semaksimalnya mungkin di tiga tanggul yang jebol tersebut. Namun air tetap mengalir di area persawahan.

Dalam kunjungannya, ia juga menyoroti penyaluran pupuk bersubsidi untuk gabungan kelompok tani (Gapoktan) di wilayah kecamatan Balongbendo. Dimana, para petani belum mendapatkan jatah pupuk bersubsidi.

“Besok tim BHS peduli bersama para Gapoktan untuk mendaftarkan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) yang diharapkan dengan bantuan dukungan ini petani bisa mendapatkan jatah pupuk bersubsidi. Mengingat saat ini sudah masuk musim tanam,” ujar Bambang Haryo yang maju Caleg Partai Gerindra nomer urut 1 dapil Surabaya Sidoarjo dalam kontestasi pemilu 2024.



Pihaknya juga bakal memberikan bantuan dana kepada para petani untuk normalisasi gorong-gorong yang mengaliri area persawahan dan desa Mliriprowo hingga Bakungtemenggungan juga membantu untuk pengajuaan asuransi akibat adanya kegagalan tanam para petani melalui pihak yang berkompeten

Sunar salah satu petani Mliriprowo mengapresiasi respon cepat dari Tim BHS Peduli untuk meninjau lokasi, jebolnya tanggul tersebut. Warga juga merespon ajakan Bambang Haryo untuk gotong royong melakukan perbaikan tanggul yang berbatasan dengan area persawahan warga tersebut.

“Besok warga siap kumpul dan bergotong-royong melakukan perbaikan tanggul yang jebol. Para petani juga merasa senang jika kedepannya sawah-sawah yang dikerjakan dapat diasuransikan oleh Pak Bambang,” pungkasnya. (suh)

Berita Terkait

Top