Penyaluran BLT BBM untuk Nelayan di Sidoarjo Dirasa Kurang, BHS Berikan Bantuan Sembako.


Penyaluran BLT BBM untuk Nelayan di Sidoarjo Dirasa Kurang, BHS Berikan Bantuan Sembako.

Reporter : Novem S

 

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono menyoal penyaluran bantuan sosial bagi nelayan terdampak kenaikan BBM masih dirasa kurang.

Ia bersama tim BHS pedulinya kembali kunjungi sejumlah kelompok nelayan di Desa Gisik Cemandi, Sedati, Sidoarjo pada Selasa (18/10).

Bantuan sosial yang diberikan oleh Pemkab Sidoarjo untuk 178 nelayan dirasa kurang terakomodir dibandingkan dengan jumlah nelayan di Sidoarjo yang mencapai angka tiga ribu lebih.

“Penyaluran bantuan sosial secara merata adalah kewajiban dari Pemerintah Kabupaten. Apalagi bagi nelayan tangkap yang secara langsung menggunakan BBM untuk kesehariannya mencari ikan,” tegas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Menurutnya, Nelayan adalah kelompok yang rentan atas kenaikan BBM. Tentunya, hal itu sangat berdampak dan menjadi beban ekonomi para nelayan.

Ia menambahkan bantuan secara merata dan total menjadi harapan para nelayan. Kenaikan harga BBM dibarengi dengan daya beli konsumen yang menurun manjadi beban bagi para nelayan.

“Nelayan ini sama dengan Petani menjadi tumpuan sektor ekonomi negara dan sekaligus jadi multi player effect ekonomi yang besar. Pemerintah wajib untuk menyalurkan bantuannya secara total dan merata,” tegas Bambang Haryo.

Hal senada juga diungkapkan Sekertaris DPC Partai Gerindra Sidoarjo, Jayadi. Pihaknya mengungkapkan tetap mendorong Pemkab Sidoarjo untuk realisasi bantuan bagi nelayan dan petani yang terdampak kenaikan BBM melalu fraksi Gerindra DPRD Sidoarjo.

“Saat ini kami mendorong APBD tahun anggaran 2023 nantinya lebih difokuskan untuk kesejahteraan sosial masyarakat. Apalagi seperti yang kita tahu tahun depan ancaman resesi ekonomi sudah di depan mata, penyaluran bantuan sosial dan ketahanan pangan harus dikedepankan pemerintah daerah,” tukasnya.

Dalam audiensi bersama sejumlah kelompok nelayan di pesisir Sidoarjo kali ini Bambang Haryo Soekartono bersama tim BHS peduli juga menyalurkan bantuan sembako untuk para nelayan.(Suh).

Berita Terkait

Top