UKK DPC PKB Sidoarjo Diikuti 56 Bacaleg Potensial Pendulang Suara.


UKK DPC PKB Sidoarjo Diikuti 56 Bacaleg Potensial Pendulang Suara


Reporter : N Suhendra

Ketua DPC PKB Sidoarjo, H. Subandi SH (kanan) saat menguji giat UKK bacaleg PKB Sidoarjo.


Redaksi Jatim, Sidoarjo – Untuk menyambut pesta demokrasi, pemilihan umum (Pemilu) 2024, Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sidoarjo mengadakan Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK) Bacaleg DPRD Kabupaten Sidoarjo di kantor DPC PKB sidoarjo, Minggu (19/3/2023).

Ketua DPC PKB Sidoarjo H Subandi menyatakan, DPC PKB Sidoarjo menerima pendaftar 56 bacaleg. Untuk uji kelayakan bacaleg penting dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kompetensi dan kesiapan bacaleg. “DPC PKB Sidoarjo menerima lebih dari kuota bacaleg di sejumlah daerah pemilihan (dapil), maka dari itu penting kiranya dilaksanakan UKK agar kita tahu kesiapan dan memfilter bacaleg yang dibutuhkan yakni 50 orang,” ujar H Subandi SH di depan awak media.

Untuk mengetahui kesiapan bacaleg tersebut, materi yang akan diujikan diantaranya pemahaman tugas pokok dan fungsi anggota legislatif, khususnya fungsi pengawasan, penganggaran dan legislasi serta strategi menjaring massa karena kita punya target meraih 20 kursi DPRD Sidoarjo dalam Pemilu 2024 atau naik 4 kursi dari jumlah saat ini sebanyak 16 kursi.

“Dengan UKK ini kita bisa melihat, seberapa jauh pemahaman bacaleg terkait tupoksinya, sehingga nanti akan menjadi bahan evaluasi bagi PKB Sidoarjo apabila terdapat kekurangan, salah satunya dengan pembekalan dan penguatan kompetensi caleg,” jelas H Subandi yang juga menjabat sebagai Wabup Sidoarjo ini.



Sementara itu Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Sidoarjo Sihabudin berharap, bacaleg dapat menjelaskan visi dan misi dan konsep kolaborasi antar caleg dalam pemenangan PKB dan Gus Muhaimin yang diusung menjadi Calon Presiden (Capres) 2024 nanti. “Pada UKK hari ini, tentu visi dan misi bacaleg harus dijelaskan secara detail. Selain itu, DPC PKB Sidoarjo harus memastikan rencana kolaborasi antar caleg nanti seperti apa, karena itu yang menentukan kemenangan PKB dan Gus Muhaimin,” tegas Sihabudin yang didapuk sebagai Ketua LPP DPC PKB Sidoarjo.



Bacaleg PKB Sidoarjo Dapil 1, Nova Erin menjelaskan soal pembentukan tim kemenangannya, ia mengaku sudah menyiapkan sejak satu tahun yang lalu.“Dan saya katakan siap untuk maju sebagai Caleg DPRD Sidoarjo mewakili perempuan wilayah dapil satu dan persiapan saya, dalam menata tim sudah matang dari tingkat RT, RW, Desa dan Kecamatan di dapil satu ini yang meliputi, Sidoarjo kota, Buduran, dan Sedati,” terang Nova merupakan CEO Megas tersebut.

Nova Erin menambahkan soal modal untuk mengikuti Caleg DPRD Sidoarjo yakni tentang kepercayaan diri untuk meraup suara sebanyak-banyaknya, dan ia yakin bahwa dirinya memiliki potensi dalam mewakili masyarakat di dapil satu tersebut.



Sementara itu Anggota DPRD Sidoarjo yang juga akan maju lagi di pertarungan Pileg 2024 Hj. Sutiyowati ditemui awak jurnalis setelah selesai UKK mengatakan siap meraih suara di Dapil 4, yakni di Kecamatan Krian, Balong bendo dan Tarik.

“Tadi dalam UKK alhamdullilah berjalan lancar, kita ditanya konsep dan strategi kita untuk memenangkan dalam Pileg 2024 nanti,” Ungkapnya.

Disinggung soal keterwakilan perempuan, politikus PKB ini menandaskan di dprd sidoarjo dari 50 orang anggotanya hanya 8 dari kaum perempuan. Hal ini sangat kurang memenuhi kuota sebagimana yang disyaratkan yakni minimal 30 persen dari seluruh anggota DPRD ysidoarjo.

Selain itu kehadiran bacaleg milenial juga sangat mendominasi baik laki-laki maupun perempuan pada UKK kali ini.



Untuk bacaleg dari generasi millennial, terdapat Rafi Wibisono yang saat ini masih mengenyam pendidikan di UPN Surabaya, mengikuti UKK DPC PKB Sidoarjo tadi pagi.

Rafi yang merupakan anak pertama dari Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi SH ini mengatakan motivasinya masuk dalam kancah perpolitikan untuk mewakili suara para generasi millenial yang ada sidoarjo supaya bisa menyuarakan apa yang akan dimunculkan ketika nanti dia terpilih sebagai salah satu wakil rakyat di DPRD Sidoarjo.(Suh).

Berita Terkait

Top