Kabupaten Yahukimo Pesan Bus Air Alumunium Berupa Kapal Motor Pemulihan Buatan PT. Fiberboat Indonesia.


Kabupaten Yahukimo Pesan Bus Air Alumunium Buatan PT. Fiberboat Indonesia.

Reporter : Novem S

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Seiring semakin berkembangnya transportasi air di wilayah Kabupaten Yahukimo, Papua ini, membuat pemerintahan Kabupaten yahukimo aktif mencari sarana transportasi air yang berstandar mutu nasional.

Kabupaten Yahukimo mempunyai satu pelabuhan yaitu Pelabuhan Logpon.

Pelabuhan Logpon adalah pelabuhan sungai yang menghubungkan kapal-kapal dari kabupaten lain seperti Kabupaten Mimika dan Kabupaten Asmat.

Sumber air yang melimpah di Kabupaten Yahukimo dimanfaatkan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTM) di beberapa distrik dan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan sekarang dimaksimalkan untuk transportasi air.

Saat ini Kabupaten Yahukimo lewat Bupati Yahukimo Didimus Yahuli SH melakukan pembelian sarana transportasi air berupa bus air alumunium dinamai kapal motor buatan PT. Fiberboat Indonesia yang berkedudukan di sidoarjo.

Dalam sambutannya Direktur Utaman PT. Fiberboat Indonesia, M. Zainal Arifin mengatakan pasca pandemi dua tahun belakangan membuat industri kapal terpuruk akibat hantaman covid 19 pada sektor pariwisata. kemudian tahun ini sudah mulai berangsut angsur membaik sehingga PT. Fiberboat Indonesia berhasil memproduksi Kapal Motor Pemulihan Yahukimo. Zainal menjelaskan bahwa ” KM pemulihan yahukimo memiliki panjang 15 m lebar kapal 3,5 m, tinggi 5 meter dengan draf 0,5 m. Tangki bahan bakar 2 ton dengan jarak tempuh sejauh 300 mil. Berkapasitas 20 penumpang dan untuk mesin maksimum kecepatan 20 knot sesuai dengan aturan dirjen Perhubungan”.ujarnya

Bupati Yahukimo (tengah) dan Dirut PT. Fiberboat Indonesia ( kedua dari kanan)

Dengan di serah terimakan Kapal Motor Pemulihan Yahukimo ini, Bupati Yahukimo Didimus Yahuli SH mengapresiasi kerja keras PT Fiberboat Indonesia yang menyelesaikan pemesanan satu kapal motor pemulihan kabupaten yahukimo bantuan dari kemenhub dengan tentang waktu tiga bulan saja. Dan rencananya akan bertambah tiga lagi untuk kabupaten yahukimo sensiri.

Bupati Yahukimo juga mengucapkan terimakasih kepada Presiden jokowi atas bantuannya kepada daerah daerah yang letaknya jauh dari ibu kota sehingga mendapatkan bantuan dari program dana alokasi khusus (dak) lewat kementrian perhubungan.

Selanjutnyq Bupati Yahukimo mendedikasikan Kapal Motor Pemulihan kabupaten yahukimo sebagai Hadiah Natal untuk masyarakat yahukimo sehingga masyarakat akan senang dengan hadiah terbaik ini dan kedepan akan diupayakan untuk bertambah sarana transportasi air berupa kapal motor pemulihan kabupaten yahukimo yang lainnya.(suh).

Berita Terkait

Top