KKN UNIPA 2023 GELAR SOSIALISASI PARENTING SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DI ERA SOCIETY 5.0 DI DESA GISIK CEMANDI.


KKN UNIPA 2023 GELAR SOSIALISASI PARENTING SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DI ERA SOCIETY 5.0 DI DESA GISIK CEMANDI.

Reporter : Novem S



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Memasuki era digital yang berkembang pada saat ini terbilang pesat menjadi problematika pada orang tua dalam mendidik anak. Tak jarang pula, komunikasi anak dan orang tua justru terganggu karena disibukkan oleh Smartphone. Untuk itu peran komunikasi orang tua menjadi hal penting dalam mendidik anak agar mereka tumbuh menjadi generasi yang unggul.

Hal tersebut direspon bijak oleh Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang mengamati fenomena ini menggelar kegiatan sosialisasi parenting, dengan tema “Membangun Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak di Era Society 5.0”

Dengan menggelar kegiatan sosialisasi parenting ini dilaksanakan di Balai Desa Gisik Cemandi, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo, Rabu (11/01/2023).

Kegiatan ini mengundang narasumber dari Sholikhatul Jannah, S.Pd., M.Psi yang merupakan Guru SMPN 1 Sukodono, dan dihadiri oleh perwakilan masyarakat Desa Gisik Cemandi.



Sholikhatul menyebutkan, bahwa keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama yang mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan “asah, asih, dan asuh”. Meskipun berada di era digital, para orang tua juga harus cerdas dalam mendidik dan membina kelangsungan hidup anak agar menjadi generasi yang berkualitas.

“Di era society 5.0 ini mengutamakan karakter. Akan tetapi, research membuktikan bahwa pemberian gadget justru membuat anak dapat mengakses situs-situs pornografi dengan sangat mudah, sehingga dapat berdampak pula pada kesehatan fisik dan kerusakan otak terhadap anak”, ungkap Sholikhatul dalam paparannya.

Sementara itu Kepala Desa Gisik Cemandi, Muhammad Alimin mengapresiasi terealisasinya kegiatan sosialisasi parenting ini. Beliau juga menuturkan komunikasi antara orang tua dan anak di era ini sangat menjadi menjadi perhatian khusus, sehingga berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan pendidikan kepada masyarakat serta dapat menyalurkan program pemerintah sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia.

Alimin juga menyebutkan, “Orang tua bagaikan kendi. Penuh kecangking, kosong pun juga kecangking. Jadi, baik atau jeleknya seorang anak sangat dipengaruhi oleh didikan orang tua”.
“Membangun komunikasi antar anak dan orang tua di era saat ini memang penting, sehingga kegiatan ini sangat mengedukasi para orang tua, khususnya untuk warga Desa Gisik Cemandi.”, tambahnya.



Ketua kelompok KKN Desa Gisik Cemandi, Yanuar Rizki Ramadhani, menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para orang tua mengenai pola asuh anak (parenting) di era digitalisasi.

“Semoga melalui kegitan ini kita dapat mewujudkan keluarga yang sehat, tanggap, dan berkualitas. Dengan memberi pemahaman bahwa pendampingan dan bimbingan orang tua terhadap anak saat menggunakan gadget harus selalu diterapkan”, pungkasnya(suh).

Berita Terkait

Top