Lewat Peran IPM Sebagai Evaluasi Pembangunan, BPS Sidoarjo Gelar Focus Grup Discussion 2022.


Lewat Peran IPM Sebagai Evaluasi Pembangunan, BPS Sidoarjo Gelar Focus Grup Discussion 2022.

Reporter : Novem S

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Dan Pertumbuhan Ekonomi baik di bidang kesehatan pendidikan dan kesejahteraan rakyat di kabupaten sidoarjo pada periode Tahun 2021-2022.

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator utama yang selalu diprioritaskan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Hal tersebut dikarenakan, pertumbuhan ekonomi berkolerasi terhadap pendapatan perkapita. Disamping itu, pertumbuhan ekonomi mengindikasikan terjadinya pembangunan ekonomi di banyak bidang yang dibutuhkan oleh sidoarjo.

Kepala BPS sidoarjo, Ir. Indriya Purwaningsih MT. dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan focus grup discussion (FGD) di penghujung tahun 2022.

Untuk diketahui BPS merupakan badan yang bertugas melaporkan data data yang dikumpulkan setiap tahunnya untuk kepentingan pembangunan kabupaten sidoarjo yang merata dan berkesinambungan.

IPM di sidoarjo sendiri sudah diangka 81,02 dan ini merupakan peringkat keempat di di jawa timur di bawah surabaya, madiun dan malang kota.

Indriya mengharapkan masukan kepada stake holder yang hadir supaya bisa memberikan ide,solusi  Dan pemikiran dalam meningkatkan IPM yang didata oleh BPS sidoarjo supaya visa ditingkatkan.

Indeks Pembangunan Manusia merupakan ukuran untuk melihat dampak kinerja pembangunan wilayah yang mempunyai dimensi sangat luas, karena memperlihatkan kualitas penduduk suatu wilayah dalam hal harapan hidup, pendidikan dan standar hidup layak.

Adapun kesimpulan yang diperoleh dari analisa mengenai hubungan pengaruh antara Indeks Pembangunan Manusia dan Kemiskinan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten sidoarjo diharapkan dapat menjadi masukan bagi para pemangku kepentingan dalam menentukan strategi pembangunan kedepannya.

Hadir sebagai pemateri pada FGD kali ini adalah Suzatmo Putro S.Si M.Si selaku Kasi Analysis Statistics lintas sektoral BPS Jatim.

Indeks Pembangunan Manusia menurut Suzatmo adalah indikator yang digunakan untuk mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Sebagai ukuran kualitas hidup, Indeks Pembangunan Manusia dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar mencakup umur panjang dan sehat, pengetahuan dan kehidupan yang layak.(suh)

Posted in News

Berita Terkait

Top