Mantan Sekjen Kemhan gandeng Pemuda dalam 4 Pilar Kebangsaan.


Mantan Sekjen Kemhan gandeng Pemuda dalam 4 Pilar Kebangsaan.

Reporter : N Suhendra



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Laksamana Madya TNI (Purn.) Dr. Agus Setiadji, S.A.P., M.A, Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menggandeng tokoh pemuda dalam rangka menjaga empat pilar kebangsaan. Hal tersebut disampaikan dalam acara sarasehan di salah cafe Kabupaten Sidoarjo.

Agus Setiadji mengatakan, akan melakukan berbagai kegiatan mulai dari sosialisasi dan dialog kebangsaan di Kota Surabaya hingga Kabupaten Sidoarjo.

“Pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan antar masyarakat, karena itu kami akan memberikan edukasi dan pemahaman kepada mereka untuk menjaga kondusifitas saat ini. ” Ucap Purnawirawan Laksamana Madya Bintang 3 tersebut.



Ia menambahkan, pemuda merupakan masa depan bangsa dalam merawat kebangsaan dengan Ideologi Pancasila. Serta tantangan pemuda Indonesia pada era ini bukan hanya dari dalam, melainkan juga dari luar, misalnya “pintu” globalisasi yang makin terbuka lebar dan revolusi industri 4.0.

Hal itu terutama setelah pandemi COVID-19 melanda dunia dan Indonesia, semua sisi kehidupan berubah, misalnya penggunaan teknologi informasi digunakan dalam tiap aktivitas masyarakat. Oleh karena itu, berbagai tantangan tersebut harus dihadapi pemuda Indonesia dan kuncinya adalah mereka harus siap menghadapinya.

” Pemuda Indonesia harus memiliki inovasi dan kreativitas karena keduanya merupakan kunci untuk menghadapi tantangan masa depan yang makin kompleks. ” Ucapnya.

Senada dengan hal itu, Endhy Budhi Pranata , S.H . Mengatakan bahwa Peran pemuda sangat sering dikaitkan dengan kemajuan suatu bangsa. Bahkan di Indonesia, peran pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah tidak diragukan lagi. Hal ini bahkan sudah terjadi sejak masa perjuangan sejarah kemerdekaan Indonesia.

” Pemuda jaman memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan di masa kini, para pemuda juga harus berkarya dan menjaga keutuhan bangsa. Terutama Ideologi Pancasila. Karena apa? Ideologi Pancasila merupakan Ideologi yang terbaik untuk Bangsa Indonesia ” Ucap Endhy yang juga menjabat sebagai penerus DPC Taruna Merah Putih Sidoarjo.(Suh)

Berita Terkait

Top