BHS Sebut Normalisasi Sungai Menjadi Prioritas Jelang Musim Penghujan Di Sidoarjo


BHS Sebut Normalisasi Sungai Menjadi Prioritas Jelang Musim Penghujan Di Sidoarjo

Reporter : Hendra



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Banyaknya eceng gondok yang tumbuh di saluran irigasi dan drainase di wilayah Sidoarjo dikhawatirkan akan memicu terjadinya banjir jika tidak ditangani.

Sebab, tumbuhan air tersebut akan menghambat aliran sungai. Terutama sungai tanjungsari yang mengalir hingga ke muara.

Kekhawatiran itu diungkapkan Bambang Haryo Soekartono selaku Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jatim saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa ruas saluran irigasi dan drainase di wilayah Kecamatan Taman, rabu (31/08). Sidak sungai ini didampingi Pratama sebagai salah satu tokoh masyarakat wilayah Taman.

Bambang Haryo Soekartono yang akrab dikenal dengan sebutan BHS ini mengatakan kondisi sungai sekunder di Desa Krembangan Kec. Taman yang telah ditumbuhi secara penuh eceng gondok.
Dan ternyata eceng gondok, sampah dan sebagainya juga memenuhi sebagian besar aliran di sungai sekunder tersebut.

“Padahal sungai sekunder itu adalah tempat PDAM Delta Tirta wilayah tawang sari
dipakai berproduksi air minum guna kepentingan masyarakat Sidoarjo, harusnya sungai tersebut kondisinya bersih dari kotoran dan selalu lancar. Kedalaman sungaipun yang seharusnya sekitar 5 meter standarnya. Namun sungai sekunder saat ini kedalamannya tinggal setengah meter,” ujarnya.

Bambang Haryo Soekartono didepan sungai penuh enceng gondok dan sampah


Karena fungsi sungai sebagai :
1. Tempat penampungan air agar wilayah sekitarnya tidak banjir
2. Untuk pengairan ke sawah – sawah warga di sekitar bantaran sungai
3. Untuk PDAM sebagai air minum
4. Untuk Budidaya ikan dengan kerambah
5. Sebagai tempat pariwisata penghilang stress
6. Sebagai media untuk transportasi air

Maka sungai tersebut harus bisa dimanfaatkan untuk itu. Dan pemerintah kabupaten harusnya bisa menangani sekaligus mengkoordinasikan dengan balai besar wilayah sungai brantas untuk pembersihan serta normalisasi sungai tersebut menjadi skala prioritas.

Apalagi dalam waktu dekat sudah mulai
memasuki musim penghujan dan membahayakan karena genangan air akan berdampak di wilayah penduduk sekitar bantaran sungai.

Permasalahn ini menjadi atensi politikus partai Gerindra ini agar Sidoarjo sudah mendapatkan predikat yang baik di bidang lingkungan, sudah seharusnya harus segera ditindak lanjuti. “Tidak boleh ada permasalahan yang menyengsarakan masyarakat Sidoarjo. Maka itu saya akan mendukung Pemerintah Daerah supaya menyelesaikan permasalahan tersebut,” pungkasnya.(hen)

Posted in News

Berita Terkait

Top