BNNK Sidoarjo Dorong Duta Antinarkoba 2023 Gelar Beragam Aksi Cegah Narkoba


BNNK Sidoarjo Dorong Duta Antinarkoba 2023 Gelar Beragam Aksi Cegah Narkoba

Reporter : N. Suhendra



Redaksi Jatim, SIDOARJO – Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sidoarjo (BNNK) Sidoarjo menaruh harapan besar kepada para Duta Antinarkoba Sidoarjo tahun 2023.

BNNK Sidoarjo berharap para Duta Antinarkoba Sidoarjo 2023 bisa melakukan beragam aksi dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Harapan itu disampaikan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sidoarjo, Kombespol Raden Mohamad Tohir Hendarsyah saat sambutan dalam Grand Final Pemilihan Duta Antinarkoba Sidoarjo 2023, di Graha KBM, Balongbendo, Senin (26/6/2023).

Menurut Kombespol M Tohir, pembentukan Duta Antinarkoba salah satu wujud komitmen bersama dalam perang melawan narkoba. Duta Antinarkoba Sidoarjo merupakan salah satu penggiat atau relawan yang secara sukarela mengikuti pembinaan dan bimbingan teknis dari BNNK Sidoarjo.

Ia menyebut Duta Antinarkoba berfungsi sebagai penyuluh, konsultan, penggalang laporan masyarakat dan sebagai fasilitator terkait P4GN. Berbagai macam aksi diharapkan bisa dilakukan oleh Duta Antinarkoba.

Tohir menambahkan, jika Pemilihan Duta Antinarkoba merupakan langkah awal dan bukti nyata serta komitmen generasi muda untuk menggelorakan semangat perang melawan narkoba.

“Sebagai kepanjangan tangan BNNK, Duta Antinarkoba adalah orang pilihan yang sudah ditempa dengan serangkaian pelatihan dan diuji dengan pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang masalah narkoba,” tandasnya.

Sebagai informasi, Pemilihan Duta Antinarkoba Sidoarjo 2023 digelar oleh Ikatan Duta Antinarkoba Sidoarjo, BNNK Sidoarjo dan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo. Acara grand final digelar bertepatan dengan Hari Antinarkotika Internasional (HANI), tanggal 26 Juni.

Ketua Pelaksana Pemilihan Duta Antinarkoba Sidoarjo 2023, Safrina Putri Indira menjelaskan, dua puluh finalis Duta Antinarkoba Sidoarjo 2023 ini merupakan putra putri terbaik Kabupaten Sidoarjo, yang terpilih dari ratusan peserta yang mendaftar.

Ia menambahkan, para finalis telah melalui rangkaian tes tahap satu dan tahap dua, prakarantina selama dua puluh hari dan karantina selama dua hari.

“Saya berharap para Duta Antinarkoba Sidoarjo 2023 mampu menjalankan tugas dan amanah dengan baik serta dapat mencegah penyalahgunaan narkoba di Sidoarjo melalui program kerja preventif,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Kabid Kepemudaan Disporapar Sidoarjo, Silfiati berpesan agar para Duta Antinarkoba Sidoarjo 2023 ini terus melakukan kegiatan positif.

“Kami siap berkolaborasi dalam menjalankan edukasi dan sosialisasi kepada anak muda tentang bahaya narkoba,” harap Silfiati.

Dalam acara Grand Final ini, sebelum dilakukan penjurian, sebanyak 10 pasangan finalis atau 20 pemuda dan pemudi membaca ikrar menolak dan bertekad memerangi narkoba.

Dalam ikrar ini, selain menolak segala bentuk penyalahgunaan narkoba, para finalis Duta Antinarkoba Sidoarjo 2023 ini juga menyatakan siap berjuang dan melayani demi Indonesia bersih narkoba.

“Kami Pemuda Sidoarjo berjanji sepenuh hati menjadi tunas muda yang bersih narkoba, siap berkarya kreatif membangun negeri,” kata Zidan Abdillah, salah satu Duta Antinarkoba Sidoarjo 2023 yang memimpin pembacaan ikrar.

Sementara itu, setelah melalui sejumlah tes, diantaranya paparan singkat program kerja yang dinilai oleh tim juri, dari dua puluh finalis, Andhika Wijaya siswa SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo dan Irene Diana mahasiswa Unair terpilih menjadi juara satu Duta Antinarkoba Sidoarjo 2023. (Suh)

Posted in News

Berita Terkait

Top