Kemenag Sidoarjo Gelar Jalan Sehat Dalam Rangka Peringatan Hari Amal Bhakti Ke 77.


Kemenag Sidoarjo Gelar Jalan Sehat Dalam Rangka Peringatan Hari Amal Bhakti Ke 77.

Reporter : Novem S



Redaksi jatim, Sidoarjo — Dengan semangat menjalankan program dari Kementerian Agama, Kementrian Agama Kabupaten Sidoarjo menggelar Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama.

Jalan Sehat Kerukunan ini digelar sebagai rangkaian dari peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama dan digelar di halaman kantor kemenag sidoarjo pagi ini, 14 Januari 2023.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo, H. Moch Arwani bersama Ketua DPRD kabupaten Sidoarjo, H. Usman dan ASN Kemenag serta seluruh guru dan siswa siswi sekolah yang ada dalam naungan Kemenag Kabupaten Sidoarjo tumpah ruah pada acara jalan sehat tahun ini.

H.Usman – Ketua DPRD Sidoarjo(kiri), Kepala Kantor Kemenag Sidoarjo, H.Moch. Arwani (tengah) dan Ketua FKUB Sidoarjo, Idham Khalid (kanan) melepas jalan Sehat Kemenag Kabupaten Sidoarjo.



Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama. ” terang Ketua Panitia HAB ke-77 Kemenag Kabupaten Sidoarjo, H. Nasruddin dilokasi, Sabtu(14/1/2023).

Pak Nas, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa untuk kantor sidoarjo, Jalan Sehat Kerukunan diikuti sekitar seribu peserta dengan ratusan hadiah yang disediakan oleh panitia jalan sehat .

Jalan Sehat Kerukunan akan mengambil rute dari halaman depan kantor Kemenag sidoarjo , jalan munginsidi menuju jalan kartini kemudian melewati jalan yos sudarso dan kembali ke halaman kantor Kemenag.

“Jalan Sehat Kerukunan juga akan dihadiri tokoh agama, FKUB(Forum Kerukunan Umat Beragama) dan tokoh pemuda dari berbagai majelis agama serta ormas keagamaan,” ujar Pak Nas.

Sementara itu Ketua FKUB sendiri ,Idham Khalid mengapresiasi kegiatan jalan sehat ini dan juga merupakan momentum keberagaman dimana didalamnua menyampaikan pesan tentang pentingnya upaya bersama dalam penguatan moderasi beragama dalam rangka meningkatkan kerukunan umat beragama. Juga komitmen menghindari riak riak laten separatis dan tindakan intoleransi.



Ini bisa dilihat berapa di sidoarjo sangat rukun antar umat beragama, bisa dilihat pada pemberangkatan jalan sehat diawali dengan tarian hanoman khas dari bali yang nota bene kental ajaran agama hindu dan ditengah acara terdapat pertunjukkan barongsai yang sangat digemari masyarakat”ujarnya.

Sementata itu Ketua DPRD kabupaten Sidoarjo, H. Usman mengatakan bahwa jalan sehat dan Deklarasi ini sesuai tema HAB ke-77 Kemenag, yaitu “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat dan untuk di wilayah Sidoarjo juga harus hebat” dan ini sangat relevan dalam menyongsong tahun politik,” tandasnya.

Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama akan dimeriahkan juga dengan pameran dan bazaar produk halal UMKM di halaman kantor Kementerian Agama. Pameran dan bazaar dari dharma wanita persatuan kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo.(suh)

Berita Terkait

Top