Kesadaran Warga Kurang Terkait Kebersihan, Paaukan Semut Ijo SMK YPM 8 Sidoarjo Terjun Bersihkan Sampah Menumpuk


Kesadaran Warga Kurang Terkait Kebersihan, Paaukan Semut Ijo SMK YPM 8 Sidoarjo Terjun Bersihkan Sampah Menumpuk

Reporter : Rizqi N



Redaksi Jatim, Sidoarjo – Tim duta lingkungan hidup yang dikenal sebagai pasukan semut YPM 8 Sarirogo, Sidoarjo gercep merespon keluhan warga terkait tumpukan sampah liar di bahu Jalan Sarirogo yang timbulkan bau tak sedap dan pemamdangan yang terkesan kumuh.

Pasukan semut YPM 8 ini bukan pertama kalinya terjun secara langsung dalam membersihkan tumpukan sampah di bahu jalan Sarirogo itu pada Jumat (19/5).

Waka Humas SMK YPM 8 Sidoarjo, Didik Wahyudi S.Pd M.Pd mengatakan kurangnya kesadaran masyarakat atas kebersihan lingkungan, menjadi faktor utama tempat tersebut kerap jadi gunungan sampah dan menimbulkan bau yang menyengat.

“Bukan satu dua kali kita dan pasukan semut membersihkan tempat tersebut. Baru 2 Minggu kemarin sekarang sudah menggunung lagi masyarakat harus sadar pentingnya menjaga lingkungan,” kata Didik

Lokasi yang dulu sempat menjadi tempat pembuangan sampah warga tersebut, rupanya masih sering menjadi titik pembuangan sampah baik dari warga sekitar dan pengguna jalan.

Didik menegaskan, ia tak kenal lelah dalam mengarahkan murid-murid nya yang dilabeli pasukan semut itu, untuk turut berkontribusi menjaga lingkungan utamanya sekitar sekolah agar tetap bersih.



“Tadi pagi saya dapat kabar kalau sampahnya kembali numpuk langsung saya dan pasukan semut gerak cepat. 50 kantung plastik penuh kendaraan pengangkut sampah pun tak muat,” ungkap Didik.

Pihaknya berharap kepada warga sekitar dan pengguna jalan tak lagi membuang sampah di titik itu.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo juga diharapkan mengambil langkah preventif untuk antisipasi menumpuk nya sampah di tempat tetsebut.(riz)

Posted in News

Berita Terkait

Top