Malam Anugrah Kartini Jawa Timur, Ketua PD Aisyiyah Sidoarjo Sabet Penghargaan di Bidang Kesehatan.


Malam Anugrah Kartini Jawa Timur, Ketua PD Aisyiyah Sidoarjo Sabet Penghargaan di Bidang Kesehatan.

Reporter : N.Suhendra

Redaksi Jatim, Surabaya – Momentum peringatan Hari Kartini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, memberikan penghargaan kepada 38 Perempuan Berjasa dan Berprestasi tingkat Pemprov Jatim.

Selain itu, sejumlah perempuan di Jatim ini juga mendapatkan apresiasi langsung dari Istri Presiden RI, Iriana Joko Widodo yang diberikan secara daring di Gedung Negara Grahadi, Kamis (21/4/2022).

Peringatan Hari Kartini ini, Gubernur Khofifah menitipkan pesan agar bersama sama menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), serta menurunkan angka stunting.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini bercerita, jika RA Kartini meninggal dunia pada umur 25 tahun, karena komplikasi persalinan. Menurut Khofifah, peristiwa ini menjadi PR bagaimana menuru kan AKI dan AKB.

“Terutama angka kematian ibu akibat komplikasi persalinan, karena keterlambatan mengambil keputusan, keterlambatan untuk mendapatkan pelayanan dan akhirnya tidak tertolong,” ujarnya.

Terkait dengan AKI dan AKB, Khofifah mengungkapkan, jika di Jatim ini masih ada 5 Kabupaten yang memerlukan intervensi khusus agar kedua kasus tersebut semakin menurun. Namun tidak disebutkan Kabupaten mana saja.

“Pada dasarnya penyelamatan dan perlindungan nyawa, termasuk di dalamnya adalah Ibu, itu harus menjadi prioritas tugas Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten Kota,” imbuhnya.

ST.Zubaidah Syafi’i Ketua PD Aisyiyah Sidoarjo.(kanan).

Sementara itu ST. Zubaidah Syafi’i ketua PD Asiyiyah Sidoarjo yang juga seorang aktivis perempuan Sidoarjo, masuk dalam 38 penerima penghargaan se Jawa Timur, mewakili Kabupaten Sidoarjo.

Tidak bisa dianggap enteng, Zubaidah mampu mendapatkan penghargaan atas jasa dan berprestasi di bidang kesehatan.
Penghargaan langsung diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan disaksikan secara daring oleh Bu Iriana Jokowi.

“Alhamdulillah kita mendapatkan kepercayaan untuk menerima penghargaan ini. Sebelumnya dinas BPMPKB memang meminta kita untuk mengirimkan Profil sekaligus Company Profile seluruh kegiatan yang sudah kita kerjakan di bidang kesehatan. Setelah profil diseleksi dan dikirimkan ke Propinsi Jawa Timur untuk selanjutnya di seleksi ke Kemendagri, Alhamdulillah kita terpilih untuk nominasi kesehatan,” ujar Zubaidah Syafi’i saat ditemui di kantor PD Aisyiyah, Jum’at setelah malam penganugrahan tersebut dihelat. (Suh).Zubaidah Syafi’i ketua PD Asiyiyah Sidoarjo yang juga seorang aktivis perempuan, masuk dalam 38 penerima penghargaan se Jawa Timur, mewakili Kabupaten Sidoarjo.

Tidak tanggung-tanggung, Zubaidah mendapatkan penghargaan atas jasa dan berprestasi di bidang kesehatan.
Penghargaan langsung diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah.

“Alhamdulillah kita mendapatkan kepercayaan untuk menerima penghargaan ini. Sebelumnya dinas BPMPKB memang meminta kita untuk mengirimkan Profil sekaligus Company Profile seluruh kegiatan yang sudah kita kerjakan di bidang kesehatan. Setelah profil diseleksi dan dikirimkan ke Propinsi Jawa Timur untuk selanjutnya di seleksi ke Kemendagri, Alhamdulillah kita terpilih untuk nominasi kesehatan,” ujar Zubaidah Syafi’i saat ditemui di kantor PD Aisyiyah, Jum’at (21/04/22).Red

Berita Terkait

Top