Sambut Hari Sumpah Pemuda Siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo Hasilkan Film Yang Mampu Sabet Penghargaan Tingkat Provinsi Jawa Timur.


Sambut Hari Sumpah Pemuda Siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo Hasilkan Film Yang Mampu Sabet Penghargaan Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Reporter : Novem S

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Dengan mengacu kurikulum merdeka belajar di tingkat sekolah dan sekaligus menyambut hari sumpah pemuda, SMK Antartika 2 Sidoarjo mampu melahirkan ide ide dan kreatifitas dari siswa yang mampu diakui oleh khalayak.

Salah satunya ide ide dan kreatifitas yang luar biasa yang dituangadalah siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo yang berhasil membuat film fiksi “Lali” dan dokumenter dengan judul “Melakar” dengan menggunakan kearifan lokal di kabupaten Sidoarjo.

Hasil karya mereka direspon positif oleh Sekolah dengan memutar secara langsung di studio sekolah dengan mengundang berbagai praktisi pendidikan dan media untuk melihat secara langsung dan menilai kreatifitas siswa siswi berbakat di Dunia sinematografi yang dimiliki oleh sekolah favorit di Sidoarjo ini.

Mereka bersama guru pendampingnya mendapatkan apresiasi selain dari praktisi pendidikan dan media juga oleh para kru kru film yang terlibat didalamnya.

Kepala SMK Antartika 2 Sidoarjo Retno Purwolystiorini, SE M M.Pd bersama Dr. Imam Jawahir Kepala SMAN 4 Sidoarjo dan Novem Suhendra SE selaku praktisi media TV turut hadir dalam pemutaran film tersebut, Selasa (25/10/2022)

Sutradara film pendek dokumenter berjudul “Melakar” mewakili timnya Rindi Setya Rahmawati merasa senang dan tidak menyangka bisa beraih juara. Walaupun juara kedua itu kebanggaan tersendiri buat kami, karena terus bisa memacu dan memotivasi, untuk meningkatkan kualitas film yang kami buat. “Tema filmnya adalah Kearifan Lokal Menembus Dunia, yang mengambil settinganya tentang batik Sidoarjo. Yakni Batik Kenongo Sarirogo dan Batik Jetis Sidoarjo,” katanya.

Ia katakan kalau proses pembuatan filmnya terlalu pendek, hanya dalam tempo sekitar dua minggu. Jadi setelah mengetahui ada lomba film pendek kami langsung membuatnya. “Dan kami tertarik yang dokumenter. Karena proses dari awal hanya dua minggu, sehingga hasilnya masih kurang maksimal, masih perlu belajar terus agar nantinya bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi,” siswi kelas XII MM 7.

Rindi Setya Rahmawati dan Abidul Kaffil

Senada dengan Rendi, juga diungkapkan Sutradara film pendek fiksi Abidul Kaffil dengan judul “Lali” mengaku Karena bikin ceritanya hanya dua minggu, biasanya kalau membuat film itu jangka waktunya juga lama. “Saya cuma dua minggu. Makanya apa yang ada dipikiran langsung saya tuangkan untuk ceritanya. Temanya juga sama Kearifan Lokal Menembus Dunia, dan kita ambilkan di lokasi Kampung Lali Gadget Desa Pagerngumbuk Wonoayu,” ujarnya.

Sementara itu Kepala SMK Antartika 2 Sidoarjo Retno Purwolystiorini, SE M M.Pd mengatakan dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda , SMK Antartika 2 Sidoarjo mengapresiasi hasil otentik karya siswa sekolah ini dan sekaligus memutar film tersebut selama dua hari pada hari ini dan besok supaya bisa dinikmati oleh seluruh warga sekolah baik guru maupun siswa siswi sekolah.

Kepala SMK Antartika 2 Sidoarjo Retno Purwolystiorini, SE M M.Pd

“Ini merupakan semangat sumpah pemuda dan prestasi anak muda yang tidak bisa dianggap remeh dengan bisa menyabet penghargaan tingkat Jawa timur sehingga bisa membanggakan dan mengharumkan nama sekolah” pungkasnya.(Suh).

Berita Terkait

Top