Turut Peduli Kesehatan Lansia, KMS Inisiasi Pendirian Posyandu Lansia Si Sidoarjo.


Turut Peduli Kesehatan Lansia, KMS Inisiasi Pendirian Posyandu Lansia Si Sidoarjo.

Reporter : N. Suhendra

Ketua Komunitas Masyarakat Sidoarjo (KMS), drg. Dwi Wahyu Indrawati


Redaksi Jatim, Sidoarjo – Dengan turut andil peduli kesehatan para lansia yang kurang mendapatkan perhagian,  sejumlah kelompok pemerhati sosial dan kesehatan di Sidoarjo membuka Pos pelayanan terpadu (posyandu) lanjut usia (lansia).

Kegiatan pembukaan posyandu lansia sebelumnya diawali dengan senam lansia yang diikuti seluruh undangan yang hadir guna memelihara kesehatan tubuh, terutama para lansia yang hadir.



Pos pelayanan tersebut diinisiatori oleh Ketua Komunitas Masyarakat Sidoarjo (KMS), drg. Dwi Wahyu Indrawati dengan menggandeng berbagai pihak untuk membuka posyandu lansia di perumahan bumi gedangan desa Karangbong, Gedangan, Sidoarjo pada Sabtu (4/2).

“Saat ini pemerintah tengah fokus dalam menakan angka stunting, namun kesehatan para lansia juga tak kalah penting. Melalui posyandu ini diharapkan dapat menjadi pilot projects wilayah lain, bahwa lansia juga perlu perhatian,” kata Dwi Wahyu.

Dwi juga mengatakan, dalam pembukaan posyandu itu dilakukan pemeriksaan mata dan kesehatan gratis, serta olah gerak seluruh lansia yang hadir dalam acara tersebut.

Lansia mendapatkan pelayanan kesehatan di posyandu lansia.



Sementara itu Koordinator pembukaan posyandu lansia desa Karangbong Silvia Noor Diati mengaku, tujuan dibukanya posyandu ini untuk memudahkan akses kesehatan bagi lansia diatas 45 tahun.

“Sasaran posyandu ini utamanya lansia diatas 45 tahun yang kurang tersentuh pelayanan kesehatan,” ungkap Silvia.

Senada dengan silvi, dr. Atitah dari Rumah Sakit Jasem yang didapuk sebagai suporting di bidang kesehatan para lansia ini mengatakan dengan ikut peduli lansia mulai dari penimbangan bandan, tensi, kolesterol dan kesehatan mata serta kadar gula dalam darah bagi para lansia yang penting untuk diperhatikan.

“Semoga RS Jasem bisa memberi bermanfaat dan dapat membantu para lansia disini dan nanti akan diatur waktu kunjungan minimal sebulan sekali untuk mendatangi posyandu lansia ini,” imbuhnya.



Senada juga diungkapkan Kepala Desa Karangbong Bambang Asmuni, pihaknya sangat mengapresiasi pembukaan posyandu lansia di Desanya.

Dalam pembukaannya, ia menyampaikan bahwa kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan semua pihak. Diharapkan melalui adanya posyandu lansia ini dapat meringankan para orang tua yang selama sulit berobat karena jarak atau biaya.

“Posyandu lansia ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan lansia baik fisik maupun psikologis, saya sangat mengapresiasi dan mendukung,” terang Bambang Asmuni.

Drg.Dwi Wahyu (tengah) Bu Veronica (kiri) dan Koordinator kegiatan Silvia Noor Diati (kanan).



Sejumlah kelompok pemerhati sosial dan kesehatan yang hadir dalam pembukaannya posyandu itu diantaranya, Komunitas Masyarakat Sidoarjo (KMS), Komunitas Busana Nasional (KBN) dan Rumah Sakit Jasem memberikan suport penuh atas dibukanya pelayanan kesehatan untuk para lansia di desa karangbong dan kedepannya akan dibuka lagi posyandu lansia di daerah lain.(suh).

Berita Terkait

Top