Desa Gemurung Segera Miliki Gedung Serbaguna Lewat Program Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.


Desa Gemurung Segera Miliki Gedung Serbaguna Lewat Program Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Reporter : Novem S

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Pemerintah desa gemurung dibawah kepemimpinan H. Buwono Basyuni lakukan program program untuk pemberdayaan masyarakat desa gemurung. Diantaranya program Dasa wisma Desa Gemurung, Gedangan, Sidoarjo yang targetkan pelayanan yang optimal dan prima terhadap masyarakat desa.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Gemurung, H. Buwono Basyuni dalam pelatihan pengurus dan kader Dasawisma Desa Gemurung, Selasa (13/12).

Buwono mengungkapkan beberapa program prioritas salah satunya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang selama ini dibantu oleh ibu-ibu PKK Desa dan pembangunan gedung serbaguna milik desa yang akan dioptimalkan untuk menunjangbkegiatan masyarakat desa setempat dan bisa menambah pundi pundi pendapatan asli desa (PAD)

“Di bidang kesehatan Diharapkan tiap RT ada satu kader Dasawisma untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan di Desa,” kata Buwono.

Menurutnya, sederet program prioritas yang dicanangkan Desa harus diakomodir dan didukung pemerintah Kabupaten melalui pos pos anggaran yang ada. Baik melalui program pemerintah kabupaten yakni bantuan keuangan (BK) dan sebagainya.

Ia mengungkapkan, beberapa target pembangunan seperti gedung serbaguna dan wisata desa dan wisata religi telah menjadi program prioritas. Target itu rencananya akan mendapat bantuan anggaran yang bersumber dari bantuan keuangan (BK) tahun 2023 yang disalurkan anggota DPRD kabupaten sidoarjo.

“Selain betonisasi jalan desa, kami juga menargetkan pembangunan gedung serbaguna dan desa wisata untuk membantu meningkatkan PAD desa sesuai program pemerintah pusat” ungkapnya.

Dirinya berharap melalui pelatihan Dasawisma ini para pengurus dan kader dapat mengoptimalkan pelayan terhadap masyarakat, serta BUMDes dapat berjalan dengan peningkatan PAD yang signifikan.

H. Buwono Basyuni – Kades Gemurung (kiri) dan Camat Gedangan

 

Kegiatan pelatihan kader dasawisma ini dihadiri oleh dua nara sumber dari DPRD sidoarjo yakni Achmad Muzzayin dan Tarkit Erdianto. Sebelumnya sempat mengundang Wakil Bupati Sidoarjo, namun karena ada keperluan yang mendesak akhirnya diwakilkan kepada Camat Gedangan.

Sementara itu, anggota DPRD kabupaten Sidoarjo Komisi A dari fraksi PKB , Achmad Muzzayin S. Sos I, menegaskan jika peran serta legislatif tak lepas dari tanggung jawab untuk meningkatkan pembangunan dan kualitas desa melalui penyaluran bantuan keuangan (BK).

Anggota DPRD komisi A yang juga putra daerah desa gemurung ini mengatakan kemajuan sebuah desa juga dilihat dari peran Dasawisma. Mulai dari pelayanan kesehatan hingga program yang membuat desa jadi lebih berkembang.

Anggota DPRD kabupaten Sidoarjo Komisi A dari fraksi PKB , Achmad Muzzayin S. Sos I ( kiri) dan Kades Gemurung.

“Semoga pelatihan Dasawisma ini bermanfaat. Apapun hal positif untuk mendukung perkembangan sebuah desa insyaallah tetap akan kita dukung,” pungkasnya.(suh).

Berita Terkait

Top