Napak Tilas Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo, BHS Ziarah Makam Bupati Pertama.


Napak Tilas Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo, BHS Ziarah Makam Bupati Pertama.

Reporter : Novem S

 

Redaksi Jatim, Sidoarjo : Dalam rangka Hari Jadi Sidoarjo Ke 163 DPC Partai Gerindra Sidoarjo beserta Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Ir. Bambang Haryo Soekartono ajak puluhan anak Yatim Piatu berziarah ke makam Bupati Pertama Sidoarjo RTP Tjokronegoro I, di pemakaman Asri Hing Pendhem, belakang Masjid Agung Sidoarjo, Jumat (4/2/22).

 

Mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 itu menggelar doa bersama puluhan anak yatim piatu. Dalam ziarah dan doa bersama, BHS berharap Kabupaten Sidoarjo bisa semakin maju dan sejahtera masyarakatnya di usianya yang ke-163.

“Semoga di usia 163 tahun Kabupaten Sidoarjo semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera. Sidoarjo berada di antara 3 kabupaten yakni Pasuruan, Mojokerto dan Gresik harus pesat perkembangan pembangunanya, serta kebijakan publik yang mendukung masyarakatnya agar semakin maju,” ungkap pria yang akrab disapa BHS ini.

 

Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra ini senjaga meluangkan waktu untuk berziarah ke makam Bupati Sidoarjo pertama tepat dengan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo. Hal ini lantaran banyak jasa yang diberikan mantan Bupati Sidoarjo pertama itu, untuk perkembangan Kabupaten Sidoarjo.

“Kami berziarah sekaligus untuk mendoakan almarhum (Bupati Pertama). Sekaligus mengenang jasa bupati yang memimpin era 1859-1863 ini agar generasi muda Sidoarjo tidak melupakan jasanya, dan melupakan sejarah yang ada di Kabupaten Sidoarjo,” ungkap alumni ITS Surabaya ini.

Bagi BHS, RTP Tjokronegoro I memiliki jasa yang besar bagi perkembangan dan pembangunan di Sidoarjo. Saat menjabat dulu, almarhum mampu membawa Sidoarjo menjadi kabupaten yang sejahtera dan gemah limpah loh jinawi.

“Potensi Sidoarjo yang sangat besar, tentu Kabupaten Sidoarjo tidak kalah dengan kabupaten dan kota lain. Karena Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) sangat mendukung. Bahkan lokasinya sangat strategis,” harapnya.

Dalam kegiatan itu, BHS juga mendapat keluhan penjaga makam Bupati Pertama Sidoarjo RTP Tjokronegoro I, Suyono mengungkapkan jika sudah 5 bulan ini gajinya dipotong dari yang awalnya Rp.350 ribu menjadi Rp. 200 perbulannya. 

“Dari pengurus makam saya dan satu rekan saya sudah 5 bulan ini hanya mendapat gaji Rp. 200 ribu. Katanya akibat Covid 19 gaji awal kami Rp. 350 ribu diturunkan menjadi Rp. 200 ribu. Selama 20 tahun saya bekerja menjaga makam dan lakukan pembersihan makam tidak ada apa apa dari Dinas terkait maupun dari Pemkab Sidoarjo,” ungkap Suyono.

Menanggapi keluhan penjaga makam tersebut, BHS berjanji akan langsung mengajak DPC Partai Gerindra Sidoarjo untuk memperjuangkan nasib para penjaga makam ini.

“Ini ada Pak Jayadi Sekjen Partai Gerindra Sidoarjo, nanti kami akan langsung mengkomunikasikan dengan Dinas Sosial Pemkab Sidoarjo terkait nasib dan upah yang layak bagi penjaga makam Bupati Pertama Sidoarjo ini,” tegas Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur ini.

Sementara itu Sekretaris DPC Partai Gerindra Sidoarjo dalam waktu dekat akan memanggil Anggota DPRD Sidoarjo dari fraksi Gerindra untuk membahas nasib para penjaga makam ini.

“Makam Bupati Sidoarjo Pertama yang seharusnya menjadi salah satu tempat cagar budaya di Kota Delta seharusnya di rawat dengan baik tidak asal-asalan seperti ini, ada Geenting yang bocor ” cetus Sujayadi.(vem/qq).

Berita Terkait

Top