Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Desa Glagaharum Gelar Pawai Budaya Dan Pentas Seni


Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Desa Glagaharum Gelar Pawai Budaya Dan Pentas Seni

Reporter : N. Suhendra

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Momentum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78 dirayakan melihat di berbagai wilayah Indonesia, tak terkecuali di Sidoarjo. Salah satunya desa Glagaharum kecamatan Porong kabupaten Sidoarjo yang memaknai hari sakral bangsa Indonesia ini dengan menggelar pawai budaya. Ribuan warga tumplek blek dijalan depan balai desa Glagaharum, Minggu(20/8)

Pawai budaya yang mengambil rute mulaibdaribdepan balai desa setempat berputar keliling desa dengan tampilan berbagai corak budaya yang mencerminkan keragaman bangsa Indonesia.

Peserta pawai tampil memukau dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, tak ketinggalan pula pakaian pahlawan dan pakaian profesional yang menjadi bagian dari budaya dan sejarah Indonesia.

Atribut seperti maskot maskot pewayangan hingga ogoh ogoh burung garuda raksasa juga mendominasi dalam pawai ini, dengan ribuan bendera merah putih yang dikibarkan oleh peserta dan menghiasi rute pawai budaya tersebut.

Dalam kesempatan ini kepala desa Glagaharum. M. Saifulloh mengungkapkan rasa bangganya terhadap semangat dan partisipasi warga desa yang guyup rukun dalam merayakan HUT RI. “Pawai Budaya antar RT ini melibatkan mulai dari RT 5 hongga RT 20 desa Glagaharum.

” Bukan hanya menjadi ajang untuk memperingati kemerdekaan, tetapi juga merajut tali silatutahmi, persatuan dan kesatuan dalam keragaman budaya yang kita miliki dalam satu kesatuan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Saifulloh menambahkan bahwa di desa Glagaharum tidak hanya perlombaan pawai budaya saja namun ada juga perlombaan pentas seni antar RT, lomba lingkungan sampai dengan lomba paduan suara.

 

M. Saifulloh Asy’ari – Kepala desa Glagaharum bersama keluarga

Pawai Budaya dalam rangka HUT RI ke-78 ini sukses menjadi perayaan yang memukau di desa Glagaharum yang nota bene desa terdampak semburan lumpur sidoarjo ini.

Namun pasca covid-19 yang sudah mereda,desa Glagaharum  bersemangat dalam merayakan hari kemerdekaan. Itu bisa terlihat dari antusias para peserta lomba menjadi simbol penghormatan terhadap perjuangan para founding father atau pahlawan yang telah merebut kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.(suh)

Berita Terkait

Top