Tingkatkan Kompetensi Lulusannya, UMSIDA Luncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi.


Tingkatkan Kompetensi Lulusannya, UMSIDA Luncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi.

Reporter : Novem S

 

Redaksi Jatim, Sidoarjo – Untuk dongkrak Kemempuan Akademis para Lulusannya , Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) meluncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang diperuntukkan para mahasiswanya. Sehingga, mereka tak hanya mendapatkan ijazah saat lulus, namun juga mutu dan jaminan kompetensi profesi yang dibuktikan melalui sertifikat., Senin (17/1)

Seminar yang mengambil tempat di Aula Mas Mansyur Umsida, BNSP yang diwakili oleh Koordinator Bidang Pengembangan SDM, Muhammad Zubair memberikan secara langsung SK LSP kepada Rektor Umsida. Dalam acara launching LSP sekaligus seminar nasional tersebut juga dihadiri oleh Ketua Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, SH., Praktisi PT ECCO Indonesia, Dwi Yoga, Kepala LSP Umsida, Wiwik Sulistyowati, M.T., jajaran dosen, serta ratusan mahasiswa Umsida yang mengikuti acara via daring.

“Sekarang Umsida telah mendapatkan izin pendirian LSP dari BNSP. Sehingga seluruh mahasiswa Umsida bisa mengikuti sertifikasi profesi di sini. Kelak setelah lulus, diharapkan sertifikat profesi ini bisa membantu mereka agar lekas mendapat pekerjaan,” ujar Rektor Umsida, Dr. Hidayatulloh, M.Si.

Saat ini, program sertifikasi profesi di Umsida baru bisa diikuti oleh para mahasiswanya. Namun, Umsida juga berencana membuka program ini untuk umum. Sehingga masyarakat bisa mengikuti sertifikasi profesi di LSP Umsida.

“Saat ini memang izinnya baru untuk mahasiswa saja. Ke depan kami sudah berencana untuk mendapatkan izin agar masyarakat umum bisa ikut serta. Untuk itu dibutuhkan sinergitas dengan berbagai pihak, termasuk Kadin (Kamar Dagang Indonesia),” imbuhnya.

 

Rektor UMSIDA dan Ketua Kadin Jatim

Sejatinya, kemitraan antara Umsida dan Kadin Jawa Timur telah terjalin sejak lama. Kemitraan ini tak hanya untuk LSP yang baru saja diluncurkan namun juga diharapkan bisa mengakomodir kegiatan magang mahasiswa di industri. Sebab, Kadin Jatim memiliki jaringan luas di bidang industri, terutama di Jawa Timur.

“Ini juga sejalan dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dimana mahasiswa didorong untuk mendapatkan kompetensi di luar kampus. Salah satunya melalui kegiatan magang di industri. Usai mendapat kompetensi, mereka bisa mengikuti sertifikasi profesi di LSP,” jelasnya.

Sementara itu, Katua Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto mengatakan bahwa Kadin akan menyiapkan industri sebagai tempat magang para mahasiswa. Kemudian juga ada Sertifikasi Pelatiham dan Uji Kompetensi Teknis bagi para dosen. Selain itu, Kadin juga gencar mengadakan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja. Tak tanggung-tanggung, mereka menggandeng lembaga dari Jerman dalam pelatihan ini.

“Kami berharap dari sini (Umsida) ada yang ikut dalam pelatihan tersebut. Sehingga ke depan ada banyak pelatih tempat kerja di dalam negeri sendiri,” ujarnya dalam sambutan.(Nov/qq)

Berita Terkait

Top