Antartika Fair 2023 Ajang Terbuka Pengenalan Sekolah Hebat Hadir Di Sidoarjo


Antartika Fair 2023 Ajang Terbuka Pengenalan Sekolah Hebat Hadir Di Sidoarjo

Reporter : N. Suhendra

Kadindik Sidoarjo, Tirto Adi dan Kepala SMK Antartika 1, Thohirin dalam acara Antartika Fair 2023


Redaksi Jatim, Sidoarjo – Sebagai upaya memperkenalkan SMA Antartika, SMK Antartika 1, dan SMK Antartika 2 kepada masyarakat, Yayasan Pendidikan Wahyuhana Surabaya menggelar kegiatan Antartika Fair 2023. Kegiatan ini berlangsung mula tanggal 16 hingga 18 Juni nanti. Dalam acara tersebut juga memberikan potongan atau diskon khusus bagi calon peserta didik baru yang melakukan daftar ulang di lokasi Antarika Fair ini.

Antartika Fair merupakan ajang kesempatan terbuka bagi calon siswa dan orang tua untuk mengenal lebih dekat tentang profil dan kegiatan tiga lembaga Antartika yang dikenal hebat di wilayah Sidoarjo . Selain itu, mereka juga mendapatkan informasi terkait kurikulum terbaru yang diterapkan sesuao dengan anjurqn Pemerintah, yaitu Kurikulum Merdeka.

Menurut Kepala SMK Antartika 1 Sidoarjo Drs H. Tohirin M.Pd, tujuan dari Antartika Fair adalah untuk mensosialisasikan dan menginformasikan kepada seluruh masyarakat Sidoarjo bahwa terdapat tiga lembaga pendidikan Antartika. Yaitu SMK Antartika 1, SMK Antartika 2, dan SMA Antartika. “Kami semua berkomitmen memberikan yang terbaik untuk putra dan putri Sidoarjo,” ujarnya.

Kadindik Sidoarjo Bersama Pemilik Yayasan Wahyuhana dan Kepala Sekolah dalam naungan yayasan.

Sementara itu, Kepala SMA Antartika Sidoarjo Mudjaini Achmad mengumumkan bahwa sebanyak 101 siswa dari SMA Antartika telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur prestasi. Jumlah itu mengalami peningkatan 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Di mana pada tahun lalu sebanyak 163 siswa diterima di PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). “Tahun ini total siswa yang lulus sebanyak 486 siswa, dan target untuk tahun ini adalah membuka 13 kelas,” katanya.

Selain itu, Kepala SMK Antartika 2 Sidoarjo Retno Purwo Lystiorini menyampaikan bahwa pihak sekolah juga memberikan perhatian pada pengembangan kemampuan komunikasi siswa. Mereka mengadakan podcast sebagai sarana untuk mengasah kemampuan komunikasi anak-anak dalam menghadapi informasi terkini di sekitar mereka. Selain itu, SMK Antartika 2 juga melakukan digitalisasi dengan adanya metaverse. “Para siswa diberikan kesempatan untuk membuat aplikasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat sebagai bentuk pengembangan kompetensi siswa,” imbuhnya.

Gayeng, Kepala SMK Antartika 2, Retno Purwo Lystiorini (tengah) dan M. Thohirin dan Tirto Adi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Dr Tirto Adi mengapresiasi Antartika Fair sebagai media aktualisasi yang diselenggarakan oleh SMA Antartika. Dia menyatakan bahwa media tersebut sangat baik karena memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai apa yang dilakukan oleh sekolah. Dia juga mengungkapkan kekagumannya terhadap inovasi yang luar biasa dari satu stan ke stan lainnya. Menurut dia, ide dan gagasan yang dituangkan oleh sekolah ini dianggap sangat bermanfaat dalam memberikan solusi dalam berbagai persoalan.

“Saya berharap lulusan SMK Antartika dapat menjadi penyumbang peningkatan indeks kreativitas,” katanya.

Ketua Yayasan Pendidikan (YP) Wahyuhana Surabaya Rudianto Hari Kurniawan di depqn awak media membenarkan bahwa kegiatan Antartika Fair ini bertujuan untuk memperkenalkan tiga lembaga Antartika kepada masyarakat secara lebih luas. Melalui kegiatan ini, lembaga Antartika diharapkan semakin dikenal baik dalam hal prestasi akademik maupun non-akademiknya. Sehingga khalayak bisa tahu sekolah antartika ini memang benar benar berkualitas.(suh)

Berita Terkait

Top